SOLOPOS.COM - Planet mirip Saturnus. (nationalgeographic)

Planet mirip Saturnus. (nationalgeographic)

Menggunakan kilodegree Extremely Little Telescope (KELT) serta tambahan beberapa perangkat darat lainnya di Arizona Amerika Serikat dan Afrika Selatan, sejumlah peneliti berhasil menemukan planet mirip Saturnus di sebuah orbit bintang yang berjarak 700 juta tahun cahaya dari Bumi.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Dilansir nationalgeographic.co.id beberapa pekan lalu, mereka menemukan planet ini ketika melakukan transit di bintang induknya. Planet yang kemudian dinamai KELT-6b ini bisa nampak dari permukaan Bumi selama lima jam ketika ia melakukan transit.

Durasi waktu ini termasuk singkat untuk menemukan planet yang belum pernah diketahui sebelumnya.

KELT-6B menurut para peneliti berjarak dekat dari bintang induknya dan memiliki waktu satu tahun sama dengan 7,8 hari waktu di Bumi. Meski tak memiliki cincin, massa maupun ukuran KELT-6b menyamai Planet Saturnus.

Karen Collins, mahasiswa pascasarjana jurusan Astrofisika di University of Louisville, Kentucky, AS, menjadi koordinator dari penelitian ini. Ia menggunakan Observatorium Moore milik University of Louisville untuk mengamati proses transit yang terjadi. Selanjutnya, Karen mengumpulkan data yang ada untuk menindaklanjuti penemuan awal.

Kemungkinan besar KELT-6b masih berelasi dengan HD 209458b, planet asing yang juga mengorbit dekat dengan bintang induknya. “KELT-6b adalah planet sepupu yang ‘kekurangan besi’ dari HD 209458b,” papar Profesor Astronomi di Vanderbilt University Tennessee, AS, Keivan Stassun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya