SOLOPOS.COM - Salah satu kutukan dari Romawi kuno (dailymail.co.uk)

Solopos.com, SOLO –  Sebanyak 130 kutukan kuno menyeramkan dari bangsa Romawi dimasukkan dalam daftar warisan dunia. Kutukan yang ditulis dalam beberapa lempengan timah tersebut dinilai menjadi temuan luar biasa yang dapat memperkaya ilmu sejarah dan kebudayaan dunia.

Kutukan menyeramkan itu ditulis dalam berbagai potongan timah yang digunakan untuk menghindari barang-barang berharga dari pencurian. Dinilai sangat berharga, kutukan-kutukan tersebut akhirnya dimasukkan dalam daftar warisan dokumenter dunia pada United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) dalam kategori Memory of the World.

Promosi Isra Mikraj, Mukjizat Nabi yang Tak Dipercayai Kaum Empiris Sekuler

Dikutip Daily Mail, Rabu (25/6/2014), tak hanya untuk mencegah para pencuri, beberapa kutukan tersebut juga berisi ungkapan balas dendam yang di alamatkan pada musuh-musuh mereka dengan kata-kata yang mengerikan.

Di antara beberapa kutukan tersebut ada juga yang tertulis bahwa ia ingin agar usus dari musuhnya menjadi sebuah santapan lezat. Sementara pesan lainnya mengungkapakan bahwa korban dari pencurian kapal perunggu ingin agar cangkir yang ia miliki diisi dengan darah sang pencuri.

Artefak kutukan tersebut diyakini berasal dari bangsa Romawi pada abad 2 hingga 4 Masehi yang sebagian besar ditulis dalam bahasa Latin pada potongan timah dan ditujukan pada Dewi Sulis Minerva. Kutukan dari timah tersebut selanjutnya dilemparkan ke dalam air panas di Bath, Inggris. Langkah tersebut dilakukan mereka untuk pemujaan bagi dewi yang disembah oleh bangsa Celtic dan Romawi yang dipercaya dapat menegakkan keadilan.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya