SOLOPOS.COM - Bintang berlian seukuran bumi (metro.co.uk)

Solopos.com, SOLO – Sebuah bintang kerdil seukuran Bumi ditemukan oleh para peneliti dari Amerika Serikat. Bintang mini sejauh 900 tahun cahaya itu ditemukan setelah peneliti menggunakan alat bantu teleskop di National Radio Astronomy Observatory, Amerika Serikat.

Bintang kerdil dingin itu terbentuk dari kandungan karbon yang telah mengkristal dan menjadikannya berukuran mini bak berlian yang bersinar sebesar bumi. Meskipun bintang tersebut tak secerah matahari namun sinarnya masih bisa terlihat oleh manusia. Penemuan fantastis itulah yang membuat ilmuwan mengatakan bahwa penemuan ini tergolong penemuan langka yang luar biasa.

Promosi Tragedi Bintaro 1987, Musibah Memilukan yang Memicu Proyek Rel Ganda 2 Dekade

“Ini benar-benar obyek yang luar biasa, hal di luar sana begitu redup, bintang tersebut sangat sulit untuk ditemukan,” kata salah satu ilmuwan, Profesor David Kaplan dari University of Wisconsin-Milwaukee.

Dikutip Metro, Selasa (24/6/2014), bintang kerdil dengan sinar putih yang indah tersebut adalah bintang yang sangat padat. Ketika bintang tersebut kehilangan bahan bakar, ukurannya mengecil selayaknya ukuran Bumi. Suhu bintang baru tersebut terbilang cukup dingin yakni berkisar 2.700 – 5.000 derajat celcius lebih dingin dari suhu inti matahari yang berkisar 15 juta derajat celcius.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya