SOLOPOS.COM - Ilustrasi iPhone 15. (GSM Arena)

Solopos.com, SOLO-Apple telah merilis iOS 16.6.1, update terbaru yang membawa perbaikan keamanan untuk dua kerentanan yang telah dieksploitasi secara aktif. Lalu bagaimana caranya? Simak ulasannya di tips gadget kali ini.

Mengutip The Verge, Senin (11/9/2023), kelompok riset spyware Citizen Lab mendapati eksploitasi bug tersebut dan segera memberitahukan ke Apple.  Sekadar informasi, eksploitasi zero-click zero day ini telah dipakai penyerang untuk memasang software mata-mata Pegasus ke iPhone milik seorang karyawan organisasi masyarakat sipil di Washington DC.

Promosi Isra Mikraj, Mukjizat Nabi yang Tak Dipercayai Kaum Empiris Sekuler

Pegasus sendiri merupakan spyware yang dikembangkan kontraktor swasta asal Israel dan dipakai oleh lembaga pemerintah. Software mata-mata ini menginfeksi ponsel dan mengirimkan data seperti foto, pesan, serta rekaman audio/video ke penyerang.

Karena itu bagi pengguna iPhone penting untuk menginstal update iOS 16.6.1 sesegera mungkin untuk melindungi gadget Anda dari risiko keamanan ini.

Apple bahkan telah mengembangkan sistem Rapid Security Response, sistem yang bisa meningkatkan perbaikan keamanan ke iPhone tanpa perlu reboot perangkat.

Sebuah laporan oleh TechCrunch mengatakan bahwa Citizen Lab menemukan kerentanan zero-click yang dieksploitasi secara aktif yang digunakan untuk mengirimkan spyware tentara bayaran Pegasus dari NSO Group. Pegasus adalah spyware yang diduga digunakan oleh banyak pemerintah di seluruh dunia untuk menargetkan aktivis masyarakat sipil, jurnalis, dan anggota oposisi.

“Rantai eksploitasi mampu menyusupi iPhone yang menjalankan iOS versi terbaru (16.6) tanpa interaksi apa pun dari korban,” kata Citizen Lab dikutip dari Times of India pada Senin (11/9/2023).

Apple mengakui para peneliti yang menunjukkan kelemahan dan kerentanan keamanan. “Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada The Citizen Lab di Munk School Universitas Toronto atas bantuannya,” catatan halaman pembaruan keamanan Apple.

Update  iOS 16.6.1 kini tersedia untuk semua iPhone dan iPad yang memenuhi syarat. Untuk menginstal pembaruan, buka Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Apple belum merilis fitur baru apa pun di iOS 16.6.1. Pembaruan besar berikutnya untuk iOS diharapkan adalah iOS 17, yang akan dilakukan sekitar September 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya