SOLOPOS.COM - Ilustrasi tim marketing. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Bagi banyak perusahaan, aplikasi marketing sudah menjadi salah satu jenis aplikasi bisnis yang wajib dimiliki. Pasti banyak di antara Anda yang bertanya-tanya, mengapa demikian? Sebenarnya, hal ini terjadi karena ragam fitur dan manfaat yang dihadirkan oleh jenis aplikasi ini.

Sebelum membahas mengenai fitur dan manfaat dari aplikasi atau software marketing lebih lanjut, ada baiknya kita menelusuri penjelasan lengkap mengenai aplikasi marketing di bawah ini.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Sekilas tentang Aplikasi Marketing

Aplikasi marketing adalah jenis aplikasi yang membantu Anda mengidentifikasi pelanggan potensial, mengotomatiskan proses memelihara prospek tersebut ke kesiapan penjualan, mengotomatiskan tindakan yang membawa prospek ke titik di mana mereka dapat langsung didekati oleh tim penjualan dengan tujuan menutup penjualan dan memulai hubungan yang berkelanjutan, dan informasi yang dikumpulkannya dapat mendorong pilihan taktik pemasaran Anda.

Aplikasi marketing bekerja dengan cara meningkatkan efisiensi saluran penjualan secara besar-besaran, dan mengubah basis prospek yang luas menjadi kepuasan pelanggan menggunakan kombinasi taktik.

Misalnya, di awal proses pengaturan prospek, edukasi dan kesadaran mungkin menjadi tugas utama. Otomasi pemasaran dapat menyediakan konten bermanfaat yang mengembangkan kepercayaan dan rasa hormat terhadap merek Anda, dengan cepat dan mudah membantu prospek memahami apa yang mereka dapatkan.

Selanjutnya, ketika prospek telah mempersempit jenis produk yang mereka minati, Anda dapat menjangkau dengan pesan bertarget, yang secara khusus disesuaikan dengan grup yang dapat membantu mengembangkan merek Anda, menunjukkan minat yang lebih terfokus, prospek yang berkualitas, komprehensif, dan dipahami dengan baik secara otomatis diserahkan kepada tim penjualan.

Apa Saja Fitur Aplikasi Marketing?

1. Integrasi

Ada berbagai strategi pemasaran yang membantu pemasar dalam bidang-bidang berikut:

  • Mengidentifikasi preferensi pelanggan
  • Memahami perjalanan pelanggan
  • Memberikan umpan balik kepada tim operasi

Baca Juga: Mengenal Accounting Software, 10 Manfaat Menggunakannya untuk Bisnis

Aplikasi marketing ini dapat menarik data dari berbagai alat terkini yang digunakan organisasi Anda (manajemen hubungan pelanggan, manajemen sumber daya manusia) untuk merampingkan kemampuan dan kapabilitas perusahaan Anda.

Integrasi dua arah dengan CRM harus terhubung dengan alat otomatisasi perusahaan yang digunakan organisasi Anda. Pastikan CRM bekerja paralel dengan alat otomatisasi pasar Anda.

2. Otomatisasi Media Sosial

Media sosial adalah mode komunikasi antara organisasi Anda dan pelanggan Anda. Untuk menjaga diri Anda dalam perlombaan, pastikan konten Anda menarik dan berpusat pada pembaca. Untuk ini, Anda harus tersedia 24 jam, menjadwalkan posting dan mengoptimalkan upaya pemasaran melalui media sosial Anda.

Inilah bagaimana otomatisasi media sosial akan menguntungkan Anda:

  • Membantu melacak kemajuan kampanye sosial Anda
  • Membantu dalam membangun iklan sesuai dengan target audiens Anda
  • Membantu dalam menjadwalkan posting
  • Membantu menjaga akun media sosial Anda tetap up to date
  • Membantu dalam menanggapi setiap pertanyaan pelanggan

3. Analisis dan Pelaporan

Fitur lain yang sangat penting dari aplikasi atau software marketing yang baik adalah memastikan keputusan yang tepat dengan wawasan kumpulan data yang kaya. Misalnya:

  • Memantau karyawan
  • Mengukur kinerja karyawan
  • Memproduksi prospek berbasis data
  • Mengumpulkan data
  • Mengevaluasi data
  • Menganalisis data

4. Keamanan

Untuk sebuah perusahaan, datanya penting dan sensitif. Ini dapat mencakup informasi pelanggan dan orang dalam. Oleh karena itu, perlu untuk melindungi data perusahaan Anda untuk memastikan keamanan dan kepuasan pelanggan Anda.

Inilah cara Anda dapat memeriksa keamanan Anda:

  • Jenis enkripsi apa yang digunakan perusahaan Anda?
  • Bagaimana perusahaan Anda mengenkripsi data?
  • Siapa yang dapat mengakses data sensitif?
  • Apakah ada proses otentikasi?

Baca Juga: Mengupas Marketing Google Bisnis sebagai Strategi Pemasaran Digital

5. Manajemen Prospek

Fitur penting lainnya dari otomasi pemasaran perusahaan adalah manajemen prospek, yang membantu dalam hal:

  • Potensi pelacakan
  • Mengidentifikasi prospek berdasarkan data
  • Mencapai jangkauan penjualan

6. Membangun Landing Page

Landing page memainkan peran penting dalam kampanye pemasaran. Sistem aplikasi marketing akan memungkinkan Anda membuat halaman arahan yang baik bahkan tanpa perlu coding.

Tindak lanjut dari landing page yang baik dapat mencakup hal-hal seperti teks singkat, alat peraga, paragraf, skema warna, dan lainnya.

7. Segmentasi

Segmentasi adalah ketika sebuah merek memilih audiens targetnya berdasarkan jenis produk dan layanan apa yang mereka tawarkan. Ini berarti mereka mempertimbangkan preferensi, perilaku, selera, pendapatan, dan faktor-faktor lain orang sebelum memilih target pasar mereka.

Sistem otomasi pemasaran membantu dalam mensegmentasi basis data ini. Sistem aplikasi pemasaran harus mampu mengelola dan memelihara informasi yang berhubungan dengan pelanggan.

8. Pemasaran Email

Sebuah merek harus memiliki mode komunikasi antara dirinya dan pelanggannya. Ini membantu meningkatkan jangkauan pelanggan. Sistem aplikasi marketing yang Anda pilih harus memiliki kemampuan berikut:

  • Email berdasarkan kesempatan atau waktu.
  • Menganalisis dan merekam perilaku pelanggan dengan berapa banyak email yang telah dibuka.
  • Mengirim pesan terjadwal
  • Menjawab pertanyaan pelanggan

9. Pengujian

Beberapa tahap komputerisasi periklanan yang unggul memungkinkan Anda menguji pilihan dan kecukupan misi pemasaran. Fitur ini sangatlah penting untuk menunjang keberhasilan proses pemasaran secara keseluruhan.

10. Dukungan

Untuk membangun perangkat lunak aplikasi marketing yang kuat, pastikan Anda memilih vendor yang tepat. Membangun platform semacam itu membutuhkan sistem yang kompleks.

Baca Juga: 8 Cara Mudah Stock Opname Inventaris Kantor

Dalam hal ini, dukungan purnajual adalah hal yang sangat penting untuk memastikan bahwa pengguna akan selalu mendapatkan solusi atas kendala selama pemakaian aplikasi.

11. Kemudahan Akses

Pastikan platform aplikasi marketing mana pun yang Anda pilih memiliki kemudahan akses. Beberapa hal yang perlu menjadi perhatian adalah:

  • Apakah perangkat lunaknya rumit?
  • Apakah perangkat lunak itu ramah pengguna?
  • Apakah perangkat lunak membutuhkan banyak biaya pelatihan?

12. Melacak Pengunjung

Fitur otomatisasi perusahaan penting lainnya adalah pelacakan pengunjung. Ini memungkinkan Anda melacak siapa yang melihat situs web bisnis Anda bersama dengan waktu yang mereka habiskan untuk itu.

Semakin banyak waktu, semakin baik konten Anda. Berikut adalah cara membuat pengunjung Anda bertahan lebih lama di halaman web Anda:

  • Lacak apa yang paling menarik bagi mereka
  • Jadikan konten Anda berpusat pada pembaca
  • Jadikan konten Anda menarik

13. Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI)

Artificial intelligence (AI) dapat mendukung upaya mekanisasi periklanan Anda dengan membantu membuat asosiasi khusus dengan prospek dan klien sama. Kemajuan yang mengubah permainan ini dapat digunakan untuk menyesuaikan email, peluang, dan mengembangkan pemeliharaan klien lebih lanjut.

Manfaat Aplikasi Marketing

Mengapa harus menggunakan aplikasi marketing ? Jawabannya beragam, entah itu untuk mencari cara untuk mengelola kampanye pemasaran dengan lebih baik, memaksimalkan sumber daya perusahaan, atau meningkatkan proses pemeliharaan prospek bisnis.

Secara keseluruhan, memiliki aplikasi marketing yang baik adalah cara yang bagus untuk meningkatkan operasi bisnis. Berikut beberapa kelebihan software marketing:

Mengurangi Tugas yang Membosankan

Jika kita fokus pada definisi aplikasi marketing , kita seharusnya dapat menyimpulkan bahwa ini dimaksudkan untuk menghilangkan tugas berulang yang menghabiskan sebagian besar rutinitas harian Anda.



Baca Juga: Mengenal Software Mesin Absensi untuk Kelola Kehadiran Lebih Mudah dan Praktis

Tugas seperti mengumpulkan informasi klien Anda, mengirim email ke prospek Anda, dan menjadwalkan pengeposan konten dapat memakan waktu dan meskipun penting, hal itu memberikan Anda sedikit waktu untuk fokus pada tugas-tugas yang menuntut perhatian Anda secara langsung dan tidak terbagi.

Dengan memanfaatkan sistem pemasaran konten, program pengoptimalan sumber daya, dan aplikasi marketing lainnya; Anda dapat menghilangkan kerumitan menyulap semuanya secara manual, memungkinkan Anda untuk mendelegasikan tanggung jawab yang lebih penting kepada staf Anda.

Mempersingkat Upaya Pemasaran

Kampanye pemasaran memerlukan penggunaan beberapa saluran secara simultan untuk berkomunikasi dengan audiens target Anda. Solusi aplikasi marketing dirancang untuk membantu Anda mengkoordinasikan berbagai program dalam satu platform yang mudah dikelola.

Ini berarti Anda tidak perlu lagi melompat-lompat dari sistem ke sistem untuk menjalankan kampanye Anda dengan mulus. Sebagian besar aplikasi ini juga menawarkan rangkaian lengkap alat yang memungkinkan Anda mengelola konten, memelihara prospek, dan mengukur upaya kampanye Anda secara akurat, segera, dan efisien.

Meningkatkan Akuntabilitas

Dalam hal memantau atau menganalisis konversi prospek dan kampanye pemasaran, akuntabilitas memainkan peran penting.

Dengan menggunakan aplikasi marketing, Anda dapat menghilangkan risiko kesalahan manusia dan memastikan Anda mendapatkan semua statistik yang Anda butuhkan dalam sekejap .

Membuat Manajemen Pelanggan Lebih Mudah

Mengembangkan hubungan dengan klien potensial di setiap fase proses penjualan sangat penting untuk membantu bisnis Anda berkembang. Namun, ini tidak sesederhana meyakinkan prospek untuk membeli produk atau membuat mereka tetap di-posting pada penawaran Anda.

Menarik dan mempertahankan klien adalah proses ekstensif di mana Anda harus menentukan orang-orang yang kemungkinan besar akan membutuhkan layanan Anda, mendengarkan kekhawatiran mereka, dan menanggapi mereka tepat waktu setiap kali mereka menghubungi Anda.



Dengan menggunakan perangkat lunak marketing atau sistem pemeliharaan prospek, Anda dapat dengan mudah menjadwalkan kampanye email, segera balas prospek, bangun kehadiran online yang lebih baik, dan awasi pelanggan saat ini.

Proses Dokumen Lebih Cepat

Melacak prospek, sumber daya, konten, dan tingkat keberhasilan kampanye Anda mungkin terdengar mudah pada awalnya, tetapi itu tidak akan sesederhana ketika Anda berurusan dengan banyak kampanye pemasaran, menangani ratusan pelanggan, dan membuat konten dalam jumlah besar semua pada saat yang sama.

Baca Juga: Aplikasi Absensi Online, Solusi Efektif Mengatur Ratusan Karyawan

Dengan menggunakan sistem pemasaran, perusahaan Anda dapat menjadi lebih gesit dalam berbagai inisiatif kampanyenya. Anda dapat dengan cepat membuat laporan kemajuan yang akurat yang membantu Anda menilai efektivitas strategi Anda dan menentukan cara meningkatkannya di masa mendatang.

Rekomendasi Aplikasi Marketing Terbaik

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa saat ini aplikasi marketing sangat berguna untuk menyederhanakan proses kerja bisnis terutama dalam hal proses pemasaran.

Dengan menggunakan aplikasi atau software marketing, proses perencanaan program pemasaran juga menjadi lebih aman karena sudah didukung dengan fitur keamanan canggih. Oleh karena itu apabila Anda tertarik untuk mendapatkan kemudahan dari fitur pengelolaan pemasaran, Anda dapat memilih aplikasi yang terpercaya seperti Mekari Qontak.

Mekari Qontak adalah aplikasi terpercaya yang dapat dikustomisasi dengan mudah melalui panduan yang diberikan. Aplikasi yang satu ini memiliki banyak keunggulan utama, seperti laporan penjualan komprehensif, informasi riwayat pelanggan rinci, dan dukungan purna jual sehingga Anda bisa mendapatkan banyak manfaat kemudahan hanya melalui satu aplikasi saja, yaitu Mekari Qontak.

Kesimpulan

Demikianlah tadi telah kami rangkum penjelasan lengkap mengenai aplikasi atau software marketing dan kegunaannya. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa saat ini software marketing sudah menjadi salah satu aplikasi yang wajib dimiliki oleh setiap perusahaan untuk memudahkan operasional bisnis, terutama dalam hal pemasaran.

Baca Juga: Cara Bisnis Sukses & Naik Kelas: Digital adalah Kunci



Oleh sebab itu bagi Anda yang tertarik untuk mendapatkan ragam manfaat dari aplikasi ini, ada baiknya untuk memilih aplikasi yang terpercaya seperti Mekari Qontak untuk hasil yang maksimal.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya