SOLOPOS.COM - Macbook Pro (Techradar)

Penjualan komputer di dunia masih dikuasai Apple.

Solopos.com, SOLO — Badan analis perangkat elektronik, Canalys, telah melaporkan daftar penjualan personal computer (PC) di kuartal pertama 2016. Penjualan itu termasuk desktop, notebook, hybrid dan tablet.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Seperti dikutip dari Indianexpress, Selasa (10/5/2016), menurut data Canalys di kuartal pertama 2016, tercatat penjualan komputer mencapai 101 juta unit. Penjualan komputer tahun ini menurun dari tahun lalu. Kuartal pertama 2015, sebanyak 115,7 juta unit komputer sukses terjual.

Menurut Canalys, pasar penjualan komputer tahun ini tidak bagus. Bisa jadi penjualan PC akan terus menurun hingga tahun depan. Smartphone menjadi salah satu alasan PC tak begitu laku tahun ini.

Vendor teknologi Amerika Serikat, Apple, memimpin penjualan komputer dengan jumlah 14 juta unit. Meski memimpin daftar penjualan dan dibanding tahun lalu, pangsa pasar Apple untuk PC menurun sebesar 13%.

Setelah Apple, berturut-turut di posisi kedua hingga kelima adalah Lenovo, Hewlett-Packard (HP), Dell dan Samsung. Dell mengalami penurunan paling parah dibanding empat pabrikan besar lain.

Menurut Canalys, penjualan komputer mengalami penurunan karena hanya ada 39 juta unit tablet yang terjual. Penjualan tablet tahun ini menurun sekitar 15% daripada awal tahun lalu. Hal itu karena masa kebesaran tablet berakhir setelah smartphone mampu bertransformasi menjadi perangkat tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya