SOLOPOS.COM - Logo Apple (JIBI/Reuters/Dok)

 

Harianjogja.com, JAKARTA — Perdana Menteri Finlandia Alexander Stubb menyalahkan Apple atas kematian dua industri besar di negara tersebut, yaitu Nokia dan industri kertas.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Popularitas iPhone ia katakan sebagai penyebab turunnya pamor smartphone Nokia. Sementara tingginya pemakaian iPad dianggap mengurangi kebutuhan orang atas kertas.

“iPhone membunuh Nokia, dan iPad membunuh industri kertas, namun kami akan kembali lagi,” ketus Stubb.

Kematian dua industri itu turut berpengaruh terhadap penurunan kondisi keuangan Finlandia, seperti yang dilansir oleh CNBC, Selasa (14/10/2014). Meski begitu, Stubb tetap optimistis bahwa kedua industri tersebut akan bisa kembali sukses.

Pada akhir tahun 90-an Nokia bisa dibilang menguasai bisnis telepon seluler, dan banyak orang menganggapnya sebagai barometer ekonomi Finlandia. Namun bisnis ponsel Nokia itu menurun seiring kehadiran ponsel pintar berbasis iOS maupun Android.

Finlandia pun dijadikan lokasi produksi utama bagi perusahaan pembuat kertas terbesar di Eropa, UPM-Kymmene dan Stora Enso. Ini adalah sektor yang terbilang krusial bagi perekonomian Finlandia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya