SOLOPOS.COM - Logo Youtube

Solopos.com, BEIJING – Raksasa teknologi asal Tiongkok, Xiaomi memulai sebuah proyek ambisisu. Bukan cuma berekspansi di bidang perangkat mobile, Xiaomi bakal menggelontorkan US$300 Juta untuk merancang situs berbagi video mirip Youtube.

Tiongkok memang terkenal dengan produk-produk tandingan inovasi dunia. Beberapa tahun silam ketika Facebook dan Twitter booming, jejaring sosial Shina Weibo mulai dikembangkan. Kini, Weibo mulai diterima dan lebih banyak dipakai di dalam negeri.

Promosi Banjir Kiper Asing Liga 1 Menjepit Potensi Lokal

Xiaomi dan Oppo yang berekspansi di pasar telepon seluler (ponsel) juga menggebrak dengan produk-produk saingan raksasa dunia seperti Apple dan Samsung.

Proyek ambisius Xiaomi mencoba mengekor kesuksesan Youtube dengan membuat tandingannya. Dengan alokasi investasi sebesar US$300 Juta atau sekitar Rp3,6 Triliun, portal video ini akan dikembangkan bersama Baidu.

Dilaporkan Wallstreet Journal, Kamis (20/11/2014), Baidu sebelumnya memang telah mengembangkan Youku Tudou. Proyek ini secara bertahap akan diakuisisi Xiaomi. Dana investasi tersebut kabarnya merupakan bagian dari dana US$1 miliar yang digelontorkan pendiri Xiaomi, Lei Jun pada awal bulan ini untuk mempercepat akuisisi konten.

Saat ini, Youku Tudou dan Iqiyi sama-sama membuat konten film dan program TV eksklusif. Konten-konten yang mereka miliki bisa digunakan Xiaomi untuk membangun ekosistem video dan mendapatkan uang dari penjualan produk gadget-nya.

Pemerintah Tiongkok sendiri menerapkan aturan ketat terhadap konten serial TV dari Barat yang akan ditayangkan di stasiun-stasiun TV lokal di Tiongkok.

Xiaomi juga belum lama ini berinvestasi untuk membuat perangkat televisi pintar (smart TV). Tentunya, dengan memiliki banyak pilihan konten video yang ditawarkan, Xiaomi bisa membangun ekosistem konten TV pintarnya itu lebih kuat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya