SOLOPOS.COM - Ilustrasi merekam video memakai HP. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Dalam membuat video dokumenter yang menarik tak perlu menggunakan kamera profesional, ternyata bisa dengan cara memakai handphone (HP) yang Anda punya.

Video dokumenter merupakan jenis video yang mendokumentasikan kejadian nyata dan berdasarkan fakta. Secara umum, video jenis ini berfokus pada kejadian di dunia nyata yang bertujuan untuk membangun empati publik.

Promosi Pemilu 1955 Dianggap Paling Demokratis, Tentara dan Polisi Punya Partai Politik

Dalam proses produksinya, video dokumenter berfokus pada interogasi, analisis, pendekatan persuasif, dan wawancara untuk mengungkap suatu kejadian. Karena itu, dibutuhkan sarana dan prasarana yang memadai dalam memproduksi video jenis ini.

Namun, terdapat cara membuat video dokumenter dengan menggunakan HP. Hal ini mengingat HP sekarang sudah didukung dengan kecanggihan fitur kameranya yang bisa merekam hingga kualitas HD. Secara ongkos produksi, tentu merekam dengan HP jauh lebih hemat dibandingkan dengan kamera profesional.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut terdapat langkah-langkah yang bisa Anda lakukan dalam memproduksi video dokumenter dengan HP.

Cara Bikin Video Dokumenter dengan HP

1. Pilih Smartphone Terbaik

Dalam membuat video dokumenter yang berkualitas, pilih smartphone dengan fitur kamera terbaik, salah satunya bisa merekam video HD.

2. Menentukan Tema

Dalam membuat video dokumenter, jangan lupa untuk menentukan tema terlebih dahulu. Tema yang diambil sebisa mungkin mengangkat isu yang lagi ramai dibahas di publik.

3. Alat Tambahan

Meski menggunakan HP, Anda perlu memberikan alat tambahan dalam membuat video dokumenter, seperti tripod hingga mikrofon.

4. Menyiapkan Skrip

Menyiapkan skrip membantu Anda dalam menyelaraskan proses syuting dengan storyboard atau daftar pengambilan gambar asli.

5. Proses Edit

Setelah proses produksi selesai, dibutuhkan penyuntingan atau editing dengan menggunakan aplikasi yang bisa Anda peroleh di Google Playstore.

Selain itu, untuk membuat video dokumenter dengan HP supaya lebih menarik juga bisa dengan cara memanfaatkan layanan dari Solopos Media Group (SMG). Perusahaan media yang sudah ada sejak 1997 ini mempunyai layanan produksi video dokumenter.

Tidak hanya menggunakan HP, SMG juga memiliki sarana dan prasarana yang memadai dalam memproduksi video dokumenter. Beberapa video dokumenter yang pernah diproduksi SMG, Anda bisa lihat di sini.

Nah, jika Anda tertarik memroduksi video dokumenter dengan cara menggunakan layanan SMG, bisa langsung menghubungi nomor berikut: https://wa.me/6281221111835.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya