Aplikasi Youtube Gaming Dihapus

Logo Youtube Gaming (Youtube)
20 September 2018 01:00 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Layanan Youtube Gaming yang diluncurkan pada 2015 lalu resmi ditutup. Layanan berbagi video khusus untuk kreator dan audiens yang tetarik dengan game itu ditutup dan diintegrasikan ke layanan utama.

Konten game masih punya tempat khusus, tetapi bukan sebagai aplikasi, melainkan menjadi salah satu kanal di Youtube. Dikutip dari Tech Radar, Rabu (19/9/2018), Youtube mengklaim ada 200 juta pengguna yang menonton konten game.

"Sejumlah pengguna bingung membedakan antara aplikasi Youtube dengan Youtube Gaming. Jadi, kami menyederhanakan tampilan dengan menghentikan layanan Youtube Gaming," kata Director of Gaming Content and Partnership Youtube, Ryan Wyatt.

Christina Chen, Director of Product Management Youtube, menjelaskan, Youtube Gaming bakal ditutup permanen pada Maret 2019 mendatang. Kini, pihaknya lebihnya fokus membenahi layanan Youtube, khususnya yang berisi konten game. Mereka berharap Youtube bisa menjangkau seluruh komunitas gaming.

"Kami memiliki pemirsa yang kuat di Youtube Gaming. Tetapi, jumlah pemain game yang dapat kami jangkau lebih besar di Youtube," terang Christina Chen.

Kini, semua konten game yang sebelumnya berada di aplikasi Youtube Gaming bakal dipusatkan di halaman utama Youtube. Nantinya, Youtube membuat kanal khusus gaming untuk menghimpun video tentang game. Konten gaming akan disesuaikan dengan minat pengguna. Jadi, setiap pengguna hanya akan menyaksikan konten sesuai kebutuhannya saja.