Youtube Hapus 58 Juta Video dan 224 Juta Komentar, Kenapa?

Ilustrasi logo Youtube (Youtube)
15 Desember 2018 07:00 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO -- Youtube mengumumkan telah menghapus sekitar 58 juta video dan 224 juta komentar yang masuk dalam kategori spam. Penghapusan konten dan komentar itu dilakukan karena melanggar kebijakan perusahaan. Hal ini sebagai upaya memenuhi permintaan pemerintah sejumlah negara.

Dikabarkan The Wrap, Jumat (14/12/2018), dari Juli-September 2018 sekitar 1,67 juta saluran dengan 50,2 juta video dihapus dari Youtube karena melanggar kebijakan konten. Hampir 80 persen dari saluran yang dihapus itu berisi spam. Sekitar 12,6 persen video yang dihapus berkonten vulgar.

Sementara 4,5 persen lainnya tidak aman untuk anak. Sedangkan sekitar 7,85 juta video dihapus karena melanggar persyaratan Youtube.

Video tersebut dihapus setelah tersaring oleh pendeteksi video yang diluncurkan Youtube. Alat pendeteksi tersebut mampu menyaring video berkonten spam, ekstremis, dan pornografi.

Teknologi ini memang terbilang baru dan belum tentu berfungsi maksimal. Jadi, sampai saat ini Youtube masih mengandalkan laporan pengguna tentang konten negatif.

Puluhan juta video itu dihapus sebagai salah satu tanggapan Youtube tentang ancaman Uni Eropa. Beberapa waktu lalu, Uni Eropa menyebut bakal memberikan sanksi kepada perusahaan teknologi yang tidak menghapus konten ekstremis dari platform.