Dinosaurus Lucu Warnai Hari Ibu di Google Doodle

Google Doodle spesial hari Ibu (Google)
22 Desember 2018 10:40 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Hari Ibu di Indonesia dirayakan setiap tanggal 22 Desember. Perayaan tersebut diwarnai dengan sejumlah hal menarik perhatian. Tak ketinggalan, Google ikut merayakan hari Ibu dengan membuat doodle khusus, Sabtu (22/12/2018).

Saat membuka mesin pencari Google, Anda bakal menemukan gambar dua gambar binatang yakni dinosaurus dengan ukuran berbeda. Dinosaurus berukuran besar berwarna hijau. Sementara yang kecil diberi warna kuning. Di punggung dinosaurus tersebut terdapat cap tangan seperti gambaran anak-anak.

Google memang selalu membuat doodle khusus jika ada peristiwa khusus, seperti hari Ibu. Ketika gambar tersebut di klik, maka informasi tentang hari Ibu bakal muncul di laman pencarian. Di Indonesia hari Ibu dirayakan pada tanggal 22 Desember dan ditetapkan sebagai perayaan nasional. Tanggal ini diresmikan oleh Presiden Soekarno di bawah Dekrit Presiden No. 316 thn. 1953, pada ulang tahun ke-25 Kongres Perempuan Indonesia 1928.

Tanggal tersebut dipilih untuk merayakan semangat wanita Indonesia dan untuk meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara. Kini, arti hari Ibu telah banyak berubah, dimana hari tersebut kini diperingati dengan menyatakan rasa cinta terhadap kaum ibu. Orang-orang saling bertukar hadiah dan menyelenggarakan berbagai acara dan kompetisi, seperti lomba memasak dan memakai kebaya.

Hari Ibu di Indonesia dirayakan pada ulang tahun hari pembukaan Kongres Perempuan Indonesia yang pertama, yang digelar dari 22 hingga 25 Desember 1928. Kongres ini diselenggarakan di sbeuah gedung bernama Dalem Jayadipuran, yang kini merupaakan kantor Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional di Jl. Brigjen Katamso, Yogyakarta. Kongres ini dihadiri sekitar 30 organisasi wanita dari 12 kota di Jawa dan Sumatera.