Redmi-Xiaomi Akhirnya Cerai

Logo baru Redmi (Pictagram)
04 Januari 2019 19:40 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Ada kabar mengejutkan dari Xiaomi. Redmi yang merupakan seri murah dari Xiaomi bakal menjadi merek dagang sendiri. Xiaomi mengumumkan Redmi bakal dijadikan sebagai sub-brand. Artinya, Redmi bakal menjadi merek sendiri layaknya Pocophone.

Dikutip dari XDA Developers, Jumat (4/1/2019), CEO Xiaomi, Lei Jun, menyebut alasan utama pemisahan Redmi adalah perbedaan fokus. Redmi bakal berkonsentrasi mengembangkan smartphone berharga terjangkau. Sementara Xiaomi berfokus pada Mi yang merupakan smartphone high end.

Nantinya, Redmi bakal dijual lewat e-commerce, sementara Mi hanya dijual di toko fisik dan tidak bisa dibeli secara online. Dengan pemisahan ini, Xiaomi bakal memiliki tiga merek berbeda segmen. Mi khusus untuk smartphone premium, Poco untuk kelas menengah, sementara Redmi dirilis di pasar menengah ke bawah karena harganya yang amat terjangkau.

Ini bukan kali pertama vendor smartphone China memisahkan seri ponsel dari merek utama. Sebelumnya, Huawei telah memisahkan Honor dengan merek utamanya, Huawei. Honor dipasarkan dengan harga murah. Sementara Huawei khusus untuk kelas high end. Oppo juga melakukan hal yang sama pada Realme.

Hadirnya Xiaomi yang telah menjadi sub-brand Xiaomi tentu bakal sangat menarik. Lihat saja, selama ini smartphone Redmi cukup laris di pasaran. Setelah menjadi merek sendiri, pemasaran Redmi tentu semakin luwes. Bisa jadi nantinya Redmi tidak kalah tenar dari induknya seperti Honor yang sama populernya dengan Huawei dan Realme dengan Oppo.