Asus Patenkan 2 Cara Hilangkan Poni di Layar Smartphone

Ilustrasi rancangan smartphone Asus tanpa poni (Lets Go Digital)
05 Januari 2019 21:00 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Produsen ponsel Taiwan, Asus, mematenkan metode baru untuk menyembunyikan kamera depan demi menghilangkan poni (notch) di layar ponsel. Adapun metode tersebut adalah pop-up dan punch hole display.

Mengutip Lets Go Digital, Sabtu (5/1/2019), metode pop-up dipakai untuk menyembunyikan kamera depan pada modul di bodi smartphone. Sementara punch hole display yakni menempatkan kamera dalam sebuah lubang di layar. Nantinya, kedua metode tersebut bakal diaplikasikan dalam dua smartphone full screen terbaru dari Asus.

Dokumen beserta rancangan desain layar smartphone Asus terbaru itu telah didaftarkan di Kantor Paten Eropa, EUPIO, Agustus 2018. Namun, paten tersebut disetujui pada 22 Desember 2018. Dokumen pertama memperlihatkan tiga rancangan smartphone Asus full screen dengan kamera selfie pop-up yang berbeda. Ukuran pop-up terkecil hanya bisa memuat satu kamera selfie. Sementara yang lebih besar bisa memuat komponen lain seperti sensor infra-red untuk keperluan foto 3D face recognition.

Sementara mekanisme punch-hole display dipakai Asus menempatkan kamera depan di lubang khusus yang dipasang di pojok kiri atas layar. Namun, semua itu masih berupa rancangan. Nantinya, Asus bakal mengembangkan lebih lanjut detail rancangan tersebut guna menghasilkan smartphone terbaik.

Berita ini diolah dari artikel Lets Go Digital yang terbit dengan judul Asus smartphone modellen met pop-up camera of gat in display.