Google Bikin Gadget Bebas Sentuh

Ilustrasi sensor tanpa sentuh Google (The Verge)
08 Januari 2019 06:00 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Google sedang menguji coba teknologi sensor gerak baru berbasis radar yang diberi nama projeck soli. Sensor ini menggunakan teknologi radar yang memungkinkan pengguna mengoperasikan perangkat elektronik hanya dengan gerakan tangan tanpa disentuh.

Dikutip dari The Verge, Senin (7/1/2019), project soli telah mendapatkan izin resmi dari Federal Communications Commission (FCC). Dengan teknologi mutakhir ini, pengguna cukup menunjukkan gerakan tertentu unntuk menjalankan gadget.

Menariknya lagi, radar tersebut bisa menembus kain. Jadi, pengguna bisa mengoperasikan gadget meski memakai sarung tangan. FCC mencatat, teknologi ini telah diizinkan dipakai di pesawat, termasuk saat penerbangan.

Direktur Rekayasa dan Teknologi FCC, Julius Knapp, mengatakan, sensor tersebut bakal membantu berbagai aktivitas. Namun, Anda harus bersabar karena teknologi ini masih dalam tahap uji coba. Nantinya, project soli bakal dibekali berbagai fitur canggih, termasuk mengukur orientasi kompas.

Sejumlah peneliti teknologi menyarankan project soli disisipi fitur yang bersifat mendidik dan menghibur. Sensor ini bisa ditanam di berbagai perangkat, seperti permukaan meja atau papan permainan khusus yang sangat membantu tumbuh kembang anak-anak. Sayangnya, sampai saat ini Google masih merahasiakan perangkat apa yang bakal mendapat teknologi mutakhir project soli.