Samsung Gunakan Bahan Ramah Lingkungan, Seperti Apa?

Logo Samsung. (Reuters/Truth Leem)
29 Januari 2019 04:00 WIB Ginanjar Saputra Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO — Samsung Electronics akan menggunakan bahan ramah lingkungan untuk kemasan di beberapa produknya. Berdasarkan siaran pers yang dilaporkan GSM Arena, Senin (28/1/2019), semua ponsel, tablet, dan peralatan elektronik produksi Samsung akan dikemas menggunakan bahan daur ulang.

Selain hanya kemasan, charger atau pengisi daya ponsel Samsung akan menggunakan warna matte atau dop, bukan warna mengkilap. Hal itu untuk mengurangi penggunaan plastik sebagai pelindungnya.

Kepala Global Customer Satisfaction Center Samsung, Gyeong-bin Jeon, wacana itu sudah disetujui dan akan diterapkan pada pertengahan 2019 mendatang. Menurutnya, Samsung benar-benar serius menggunakan bahan ramah lingkungan meski konsekuensinya harus meningkatkan biaya produksi.

Plastik sebagai pelindung di beberapa ponsel produksi Samsung nantinya akan diganti dengan bioplastik yang terbuat dari pati atau tebu. Perusahaan yang berbasis di Korea Selatan (Korsel) itu menargetkan untuk menggunakan 500 ribu ton plastik daur ulang dan mengumpulkan 7,5 juta ton produk yang dibuang hingga 2030 mendatang.