Samsung Setop Pakai Material Plastik

Ilustrasi kemasan produk Samsung (GSM Arena)
31 Januari 2019 06:00 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Samsung berencana mengganti plastik untuk mengemas produk buatannya dengan material yang ramah lingkungan. Adapun opsi pembungkus tersebut di antaranya kertas dan plastik daur ulang.

Samsung Electronics kabarnya memilih memilih menggunakan material kertas bersertifikasi pada kemasannya. "Perusahaan bakal menggunakan material ramah lingkungan untuk kemasan produk," kata Gyeong-bin Jeon, Head of Global Costumer Satisfication Center Samsung seperti dikutip dari Tech Crunch, Rabu (30/1/2019).

Penggantian material ini bakal diterapkan pada kemasan ponsel, tablet, serta perangkat portabel lainnya dari Samsung. Kemasan dan berbagai dokumen di dalamnya bakal digantikan dengan bahan ramah lingkungan. Aksesori seperti charger ponsel juga bakal diganti dengan bahan ramah lingkungan.

Charger ponsel Samsung terbaru bakal dibuat dari material matte untuk menghindari penggunaan plastik film. Sementara perabot rumah tangga seperti televisi, kulkas, serta mesin cuci, bakal dikemas dengan bahan eco-friendly.

Samsung mengumumkan rencana itu mulai diterapkan pada pertengahan 2019. Sementara rencana penggunaan bahan kertas ramah lingkungan mulai dilakukan pada 2020 mendatang. Mengutip GSM Arena, Samsung berharap menggunakan sekitar 500.000 ton plastik daur ulang, sehingga mengurangi limbah.