Google Rilis Perisai untuk Lindungi Password

Ilustrasi tampilan Password Checkup yang terpasang di Google Chrome
07 Februari 2019 23:10 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Google merilis alat pendeteksi yang berfungsi mengamankan kata kunci (password) pengguna. Alat ini mengingatkan pengguna untuk mengubah kata sandi guna menangkal peretas mengakses e-mail pribadi.

Mengutip CNBC, Kamis (7/2/2019), alat yang diberi nama Password Checkup itu merupakan plug in yang wajib dipasang di Google Chrome. Setelah dipasang, alat ini akan menginformasikan kepada pengguna perlu atau tidak mengubah kata sandi.

Cara memasang Password Checkup sangat mudah. Anda hanya perlu mengeklik tautan ini kemudian pilih add to Chrome. Ikuti perintah selanjutnya untuk mengaktifkan alat tersebut. Perhatikan pojok kanan atas beranda browser. Jika alat telah terpasang, bakal muncul gambar perisai hijau di pojok kanan atas jendela Chrome.

Nah, jiksa sedang berselancar di Internet dan Password Checkup mendeteksi kata sandi pengguna telah dibobol, maka bakal muncul pemberitahuan. Google sengaja merilis alat ini sebagai upaya mengatasi masalah penggunaan kata sandi yang sama secara berulang di situs. Alat ini bakal memeriksa kata sandi yang ada di basis data internal Google.

Sejauh ini, Google menilai banyak orang yang cenderung mengabaikan keamanan saat berselancar di dunia maya. Menurut hasil survei yang dilakukan Google di Amerika Serikat, 69 persen responden merasa telah melindungi akun online dengan baik. Namun, yang terjadi justru sebaliknya.

Sebanyak 65 persen responden tercatat menggunakan kata sandi yang sama di beberapa situs. Selanjutnya, 51 persen responden memiliki kata sandi favorit yang dipakai berulang kali. Padahal, tindakan tersebut sebaiknya dihindari karena memudahkan kinerja peretas.