Fitur Baru Whatsapp, Bisa Tahu Berapa Banyak Pesan Di-forward

Ilustrasi logo Whatsapp (Stuff)
23 Maret 2019 14:30 WIB Newswire Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Whatsapp disebut tengah mengembangkan dan menguji fitur baru yang membuat pengguna bisa mengetahui berapa kali pesannya di-forward atau diteruskan oleh pengguna lain.

Sebagaimana dilansir Suara dari GSM Arena, Sabtu (23/3/2019), Whatsapp sedang mengembangkan dua fitur baru bernama Forwarding Info dan Frequently Forwarded. Fitur yang disebut pertama akan menginformasikan pada pengguna berapa kali pesan yang dikirimnnya di-forward ke orang lain.

Dua fitur ini diduga masih menjadi rangkaian upaya Whatsapp melawan penyebaran hoaks atau informasi palsu melalui aplikasinya. Dengan fitur baru ini pengguna akan tahu kabar yang diterimanya sudah beredar seberapa jauh dan ada potensi hoaks di dalamnya.

Cara menggunakan Forwarding Info sangat mudah. Pengguna hanya perlu menekan pesan yang telah dikirimnya agak lama, lalu tekan "info" yang biasanya terletak di sudut kanan atas.

Informasi tentang berapa kali pesan Anda di-forward akan tampil bersama informasi tentang apakah pesan itu sudah terkirim dan sudah dibaca.

Sementara fitur Frequently Forwarded berfungsi untuk mengetahui berapa kali sebuah pesan telah di-forward sebelum sampai kepada Anda. Fitur ini akan tampil di atas sebuah pesan yang di-forward kepada Anda.

Cara kerjanya juga sederhana. Ketika sebuah pesan yang tiba di ponsel Anda telah di-forward lebih dari empat kali, maka akan muncul tulisan di atas pesan tersebut yang berbunyi: frequently forwarded (atau jika diterjemahkan bebas menjadi sudah sering diteruskan).

Dua fitur baru ini ditemukan di aplikasi Whatsapp versi beta untuk Android 2.19.80. Perlu juga diingat, bahwa meski sudah diuji coba, tak serta-merta fitur ini akan diluncurkan secara resmi oleh Whatsapp.