Fitur Ini Bikin Android Q Serasa IOS

Ilustrasi logo Android Q (The Next Web)
08 April 2019 18:10 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Sistem operasi Android terus mengalami perubahan. Pada 2018 lalu, Google baru saja merilis sistem operasi Android Pie. Kini, Google tengah mengembangkan sistem operasi Android selanjutnya yang bakal diberi nama dengan awalan huruf Q.

Meski masih dalam tahap perkembangan, ada saja bocoran tentang sistem operasi Android Q yang beredar. Dikutip dari GSM Arena, Senin (8/4/2019), OS tersebut bakal mendapat pembaruan fitur serupa IOS. Adapun fitur tersebut adalah depp press atau yang dikenal dengan nama force touch pada IOS.

Fitur deep press sama halnya dengan 3D touch. Fitur ini membuat pengguna lebih nyaman mengoperasikan layar, karena lebih sensitif saat disentuh. Di IOS, fitur deep press ini meningkatkan tekanan di layar dan memberikan fungsi berbeda di ponsel.

Ponsel akan memberikan respons yang sama dengan ketika pengguna melakukan long press saat fitur deep press diaktifkan. Dengan kata lain, fitur deep press berfungsi sebagai jalan pintas untuk long press. Namun, Anda tidak perlu menahan jari di layar selama beberapa saat sampai menu yang diinginkan muncul. Dengan fitur deep press, Anda bisa menampilkan menu dengan menekan jari lebih keras.

Sebelumnya, Android Q disebut memiliki fitur yang lebih baik jika dijalankan di ponsel layar lipat. Android Q mendukung perpindahan yang lebih halus saat pengguna mengubah mode layar. Termasuk mengecilkan ukuran jendela aplikasi. Google masih menyimpan segudang fitur andalan untuk Android Q. Rencananya, sistem operasi ini dikenalkan di acara Google I/O pada Mei 2019.