Fitur Deep Press Android Q Bakal Mirip 3D Touch Iphone? Begini Penjelasannya

Ilustrasi Android Q. (Istimewa)
09 April 2019 04:10 WIB Newswire Teknologi Share :

Solopos.com, NEW YORK - Android versi terbaru berikutnya atau yang dijuluki Android Q dikabarkan akan mendukung fitur yang diseburt deep press. Fitur ini juga dikenal dengan Force Touch atau 3D Touch dalam bahasa IOS.

Menurut Webomedia 3D Touch merupakan fitur yang peka terhadap tekanan yang diperkenalkan pertama kali pada Iphone 6s dan 6s Plus pada 2015. 3D Touch menggunakan sensor kapasitif yang terintegrasi ke layar smartphone untuk merasakan tiga derajat tekanan dalam sentuhan pengguna dan merespons secara berbeda berdasarkan jumlah tekanan yang diberikan.

Sementara itu dilansir dari laman GSM Arena, Senin (8/4/2019) untuk saat ini masih belum diketahui bagaimana cara kerja fitur deep press dalam Android Q. Serta bagaimana penerapannya dalam literasi Android tahun ini belum diketahui.

Fitur deep press sama halnya dengan 3D touch. Fitur ini membuat pengguna lebih nyaman mengoperasikan layar, karena lebih sensitif saat disentuh. Di IOS, fitur deep press ini meningkatkan tekanan di layar dan memberikan fungsi berbeda di ponsel.

Ponsel akan memberikan respons yang sama dengan ketika pengguna melakukan long press saat fitur deep press diaktifkan. Dengan kata lain, fitur deep press berfungsi sebagai jalan pintas untuk long press. Namun, Anda tidak perlu menahan jari di layar selama beberapa saat sampai menu yang diinginkan muncul. Dengan fitur deep press, Anda bisa menampilkan menu dengan menekan jari lebih keras.

Sebelumnya, Android Q disebut memiliki fitur yang lebih baik jika dijalankan di ponsel layar lipat. Android Q mendukung perpindahan yang lebih halus saat pengguna mengubah mode layar. Termasuk mengecilkan ukuran jendela aplikasi. Google masih menyimpan segudang fitur andalan untuk Android Q. Rencananya, sistem operasi ini dikenalkan di acara Google I/O pada Mei 2019.

Sumber : Okezone