Alasan Samsung Bikin Kamera Pop-Up Putar

Ilustrasi Samsung Galaxy A80 (Samsung)
11 April 2019 16:45 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Samsung terus memberikan terobosan baru pada smartphone buatannya. Perusahaan teknologi Korea Selatan itu selalu berinovasi dengan menghadirkan smartphone model terbaru yang unik. Seperti pada Samsung Galaxy A80 dan A90 yang dibekali rotating pop-up camera.

Model rotating pop-up camera menjadi terobosan terbaru di industri teknologi smartphone. Samsung menjadi pelopornya, karena belum ada vendor lain yang membuat smartphone dengan kamera pop-up seperti Samsung. Setiap vendor memiliki model andalan untuk smartphone berkamera pop-up. Lantas, apa tujuan Samsung membekali smartphone terbarunya dengan rotating pop-up camera?

Regional Product Manager Samsung Asia, Adele, mengatakan, teknologi rotating pop-up camera pada Galaxy A80 dan A90 memberi pengalaman menangkap foto dan video yang berbeda. Jika biasanya kamera depan lebih inferior dibanding kamera belakang, pada smartphone Samsung Galaxy A-series terbaru, tiga kameranya dapat berputar dari belakang ke depan untuk menghasilkan kualitas gambar yang sama.

Kami sangat bersemangat dengan inovasi terbaru Samsung di Galaxy A80. Kameranya bisa berputar. Tiga kamera ini otomatis aktif saat pengguna mengaktifkan mode selfie. Jadi, kamera akan berputar untuk memberikan hasil gambar yang sama,” terang Adele seperti dilansir Detik, Kamis (11/4/2019).

Pada kondisi normal, Samsung Galaxy A80 bentuknya seperti smartphone biasa. Tapi, ketika tombol kamera depan diaktifkan, maka cangkang belakang ponsel akan bergerak naik menonjolkan kamera belakang yang berputar ke depan. Samsung menjamin rotating pop-up camera berfungsi normal dan telah memenuhi standar.

Dikutip dari GSM Arena, Samsung memasang tiga kamera di Galaxy A80. Adapun setiap kamera beresolusi 48 MP, 8 MP dengan lensa ultra wide angle, dan kamera 3D depth. Ponsel pintar ini memiliki bodi logam dengan lengkungan di kedua sisinya.

Samsung Galaxy A80 dibekali baterai berkapasitas 3.700 mAh dengan fitur fast charging. Ponsel ini dilengkapi dengan RAM 8 GB dan ROM 128 GB yang menjalankan sistem operasi Android 9.0 Pie. Samsung Galaxy A80 tersedia dalam tiga warna, Phantom Black, Angel Gold, dan Ghost White. Rencananya ponsel ini dijual mulai 29 Mei 2019 dengan harga sekitar US$730 atau Rp10,3 juta.