Decacorn Pertama Indonesia, Jokowi Banggakan Gojek

Jokowi kasih selamat ke Gojek. (Istimewa - Twitter)
13 April 2019 05:10 WIB Surya Rianto Teknologi Share :

Solopos.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan selamat atas resminya Gojek menyandang status decacorn. Perusahaan jasa transportasi daring itu pun menjadi startup pertama Indonesia yang bergabung dengan klub decacorn.

Lewat akun twitternya, Presiden Indonesia sekaligus calon petahana Pilpres 2019 Joko Widodo memberikan selamat kepada Gojek. Jokowi mengatakan, Gojek kini menyandang status decacorn, startup dengan valuasi di atas US$10 miliar atau lebih dari Rp140 triliun.

"Inilah decacorn pertama dari Indonesia. Gojek menjadi decacorn dengan dukungan para mitra pengemudi dan jutaan pekerja di balik UMKM. Selamat," ujarnya seperti dikutip dari akun Twitter resmi Jokowi pada Jumat (12/4/2019).

Saat ini, Gojek pun sudah ekspansi ke beberapa negara tetangga seperti, Thailand, Vietnam, dan Singapura. Perusahaan rintisan yang didirikan Nadiem Makarim itu bersaing ketat dengan Grab yang sudah lebih dulu menyandang status decacorn.

Di Asean, Gojek dan Grab bisa dibilang penguasa pasar jasa transportasi online. Apalagi, Uber telah menyatakan menyerah di Asia Tenggara dan meleburkan diri dengan Grab.

Dalam laporan CB Insight, Gojek sudah menjadi Decacorn setelah menyentuh valuasi US$10 miliar.

Valuasi Gojek masih kalah US$4 miliar dengan Grab Taxi. Lalu, nilai valuasi Gojek masih tertinggal jauh dibandingkan dengan Uber yang sudah tembus US$72 miliar.