Tak Mau Nomor Whatsapp Dimasukkan Grup Sembarangan, Begini Caranya

Ilustrasi logo Whatsapp (Digit.in)
14 April 2019 13:45 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Whatsapp menjadi layanan pesan instan andalan untuk berkomunikasi. Bukan hanya mengobrol secara pribadi, Whatsapp juga memiliki layanan grup yang memudahkan proses komunikasi langsung dengan banyak orang.

Biasanya, pengguna Whatsapp tidak memiliki pilihan untuk menolak undangan masuk ke suatu grup. Dengan kata lain, seorang pengguna secara otomatis masuk ke grup tertentu lewat undangan pihak lain. Jika tidak cocok, pengguna bisa keluar dari grup tersebut.

Tetapi, kini Anda tidak perlu khawatir lagi jika mendapat undangan grup yang tidak dikenal. Whatsapp meluncurkan fitur baru untuk menghentikan pihak lain mengundang Anda masuk ke suatu grup. Dikutip dari The Next Web, Minggu (14/4/2019), pengguna hanya perlu masuk ke pengaturan untuk menjaga nomor agar tidak dimasukkan ke grup secara bebas.

Caranya, masuk ke menu pengaturan, kemudian pilih akun-privasi-grup. Selanjutnya ada tiga pilihan yang muncul, antara lain, semua orang, kontak, dan tidak seorang pun. Jika memilih kontak, maka hanya nomor di daftar saja yang bisa menambahkan Anda ke grup.

Sementara jika memilih semua orang, artinya Anda mengizinkan siapa pun mengundang ke grup Whatsapp. Anda punya waktu 72 jam untuk menerima atau menolak undangan tersebut. Jika lewat waktu yang ditentukan, undangan akan hilang.

Sedangkan pilihan 'tidak satu pun' berarti nomor Anda tidak mengizinkan siapa pun memasukkan nomor ke grup. Dengan demikian, nomor Anda tidak akan pernah mendapat undangan masuk ke suatu grup. Fitur baru ini memang telah diluncurkan Whatsapp baik di platform Android maupun IOS.

Sayangnya, belum semua pengguna menerima fitur anyar dari Whatsapp. Mungkin fitur ini disediakan secara bertahap. Jadi, pengguna harus bersabar dan memperbarui aplikasi jika ingin menjajal fitur tersebut.