Apple Siapkan Antena Baru untuk Iphone 2019

Ilustrasi logo Apple (Apple)
10 Mei 2019 22:40 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Apple tengah mempersiapkan smartphone terbaru andalannya, Iphone, yang dirilis pada 2019. Sekitar empat bulan mendatang, Apple bakal meluncurkan Iphone generasi terbaru. Menjelang rilis, berbagai prediksi tentang smartphone terbaru Apple beredar.

Dikutip dari GSM Arena, Jumat (10/5/2019), seorang analis ponsel pintar bernama Ming-chi Kuo mengumumkan laporan terbarunya tentang prediksi Iphone 2019. Menurutnya, Iphone 2019 akan terfokus pada teknologi antena yang dipakai Apple.

Jika diperhatikan, ada dua antena di bagian atas dan bawah perangkat Iphone 2018, yakni seri XS, XS Max, dan XR. Antena tersebut diproduksi oleh Liquid Crystal Polymer (LCP). Namun, menurut Ming-chi Kuo, Iphone 2019 memiliki perubahan besar pada struktur kamera.

Antena Iphone 2018 buatan LCP dianggap cukup membatasi. Masalah produksi di sekitar antena tersebut menyebabkan masalah transmisi seluler frekuensi tinggi. Namun, sejauh ini pengguna tidak merasakan gangguan apapun terkait konektivitas 4G LTE.

Apple diprediksi menggunakan satu unit LCP dan modifikasi poliamida (MPI) untuk antena atas dan tiga unit untuk yang lebih rendah. Alasan penggunaan teknologi MPI ini kabarnya berhubungan dengan masalah produksi.

Dalam catatanya, Ming-chi Kuo menjelaskan Iphone 2019 tertahan masalah produksi LCP yang menyebabkan transmisi seluler frekuensi tinggi dan akhirnya memengaruhi hasil. Fokus pada struktut PI yang dimodifikasi tahun ini diharapkan menghasilkan kinerja 4G LTE yang sama dan lebih sedikit masalah produksi.

Secara teoritis, teknologi itu juga lebih murah untuk diproduksi. Meski demikian, Ming-chi Kho yakin biata produksi antena Iphone 2019 secara keseluruhan bakal naik 1-20 persen karena peningkatan ultra-wideband baru. Teknologi tersebut bisa meningkatkan kinerja navigasi dalam ruangan.

Fokus MPI 2019 itu adalah langkah besar untuk Apple. Tetapi menurut prediksi Ming-chi Kyuo, tahun depan dilaporkan beralih kembali ke LCP setelah semua masalah produksi terselesaikan. Teknologi itu akan dipakai lagi pada model Ipad Pro maupun Iphone 5G yang rencananya dirilis 2020 mendatang.