Tips Hemat Baterai Smartphone Saat Mudik

Ilustrasi mengisi baterai smartphone (USA Today)
02 Juni 2019 03:00 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Perjalanan mudik ke kampung halaman tentu membutuhkan waktu, biaya, dan tenaga ekstra, apalagi jika melewati jalur darat. Di era kecanggihan teknologi seperti saat ini, smartphone menjadi barang penting yang wajib dibawa saat mudik.

Namun, smartphone memiliki batas waktu standby. Sebab, kapasitas baterai smartphone dibuat terbatas sehingga bakal cepat habis jika sering dipakai. Apalagi jika smartphone diandalkan untuk menunjukkan jalan lewat peta digital. Baterainya jelas sangat cepat kuras.

Tapi, ada beberapa trik yang bisa dilakukan untuk menghemat daya baterai smartphone. Mau tahu caranya? Simak tip yang dihimpun dari Gizmo China, Sabtu (1/6/2019) berikut:

Cek aplikasi

Smartphone biasanya dibelaki sejumlah aplikasi bawaan yang bisa menyedot baterai jika terus-menerus dipakai. Sebaiknya, cek dulu aplikasi yang berjalan di smartphone saat hendak mudik. Pastikan aplikasi yang dijalankan tidak menguras baterai sehingga smartphone bisa bertahan menyala dalam waktu lebih lama.

Turunkan kecerahan layar

Tingkat kecerahan layar ternyata memengaruhi daya baterai smartphone. Semakin tinggi tingkat kecerahan layar, maka semakin banyak daya baterai yang terkuras. Jadi, atur tingkat kecerahan layar sesuai dengan kondisi agar tidak terlalu menguras baterai. Pastikan Anda tidak mengaktifkan kecerahan layar otomatis karena justru akan lebih cepat menguras daya baterai ponsel.

Matikan notifikasi

Matikan notifikasi dari aplikasi yang kurang penting. Kebanyakan notifikasi yang masuk juga menjadi salah satu faktor yang mempercepat baterai smartphone terkuras.

Aktifkan fitur power saving

Fitur penghemat baterai bisa diandalkan saat melakukan perjalanan mudik. Fitur ini bisa membatasi kemampuan smartphone. Sebab, hanya beberapa fitur penting saja yang akan berjalan. Jadi, baterai ponsel tidak akan terkuras untuk hal yang tidak penting.