Apple Segera Matikan iTunes

Ilustrasi logo Apple (Lucas Jackson/Reuters)
03 Juni 2019 19:25 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Aplikasi musik Apple, iTunes, kabarnya segera dimatikan. Apple kabarnya berencana mematikan iTunes di ajang Worldwide Developer Conference i(WWDC) 2019 pada 3-7 Juni 2019.

Dikutip dari The Guardian, Senin (3/6/2019), kabar Apple mematikan iTunes sebenarnya telah terendus sejak lama. Keputusan itu diambil seiring munculnya wacana Apple merilis aplikasi layanan musik dan TV-nya secara terpisah.

Sebenarnya, iTunes menyajikan kedua layanan tersebut dalam aplikasi. Itulah sebabnya Apple memilih mematikan iTunes demi mendukung rencananya merilis aplikasi layanan musik dan TV. Selain itu, iTunes dimatikan karena memuat fitur yang membuat aplikasi berjalan lambat.

Apple khawatir kelambatan tersebut membuat pengguna kecewa. Sebab, lambatnya akses aplikasi tersebut dikhawatirkan bakal membuat pengguna meninggalkan iTunes. Perusahaan teknologi Amerika Serikat tersebut menempatkan diri sebagai layanan hiburan ketimbang produsen perangkat keras.

Sebagai informasi, iTunes adalah platform revolusioner Steve Jobs yang dipakai untuk menyimpan file musik. Pengguna bisa menyalin file tersebut ke CD atau bentuk digital. Pengguna bahkan bisa membeli album digital lewat iTunes.