Google Maps Tambahkan Fitur Speedometer

Ilustrasi tampilan aplikasi Google Maps (The Verge)
10 Juni 2019 16:40 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Google terus menambahkan berbagai fitur terbaru di aplikasi petanya, Maps, sejak mengakuisisi Waze pada 2013 lalu. Kini, Google Maps menambahkan fitur indikator kecepatan alias speedometer yang sebelumnya hadir di aplikasi digital, Waze.

Dikutip The Verge, Senin (10/6/2019), indikator kecepatan bisa dilihat pengguna di bagian kiri bawah tampilan aplikasi smartphone Google Maps. Fitur itu hanya dapat dilihat saat pengguna memakai layanan penunjuk arah. Nantinya, Google Maps akan menampilkan kecepatan berkendara seorang pengguna secara real time.

Fitur speedometer itu merupakan satu dari serangkaian fitur baru Google Maps yang diadaptasi dari Waze. Sebelumnya, Google Maps menambah fitur batas kecepatan, laporan kecelakaan, dan speed camera yang bisa dilihat pengguna lain.

Layanan speedometer dari Google Maps ini sangat mudah diaktifkan. Caranya, buka aplikasi Google Maps dan klik ikon tiga garis horizontal di sisi kiri atas layar. Pilih menu settings, kemudian klik navigation settings. Klik driving options dan ketuk toggle speedometer.

Jika Anda tidak menemukannya, berarti fitur speedometer belum tersedia di aplikasi Google Maps. Sebab, Google tampaknya belum merilis fitur tersebut di seluruh aplikasi Maps. Sejumlah pengguna yang bisa mengakses fitur ini berada di Argentina, Australia, Belgia, Brasil, Kanada, Ceko, Finlandia, India, Belanda, Polandia, Portugal, Swedia, Taiwan, Inggris, dan Amerika Serikat.