Google Jadikan Gmail Lebih Dinamis dengan AMP

Gmail (Daily Express)
14 Juni 2019 16:40 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Google bakal melakukan sedikit perombakan untuk layanan surat elektronik (e-mail), Gmail. Perubahan tersebut bertumpu pada sistem accelerated mobile pages (AMP) yang memungkinkan pengguna membuka laman Gmail via ponsel lebih cepat.

Layanan Gmail yang lebih dinamis tersebut rencananya dirilis 2 Juli 2019. Dengan sistem baru yang diterapkan Google, layanan Gmail bakal lebih nyaman dipakai di ponsel. Pengguna tidak akan kerepotan lagi berkirim e-mail di Gmail lewat smartphone.

Dikutip dari Engadget, Jumat (14/6/2019), AMP merupakan protokol khusus buatan Google yang diandalkan mempercepat muatan situs web. Dengan AMP, Google bakal menambah beberapa fitur yang bisa dipakai di Gmail tanpa harus keluar dari jendela yang dibuka.

Misalnya fitur pengisian formulir, undangan RSVP, merespons, menyunting Google Docs, hingga mencari gambar. Semua fitur itu bakal hadir lebih awal di Gmail versi web. Sementara versi mobile bakal dirilis setelah proses uji coba selesai.

Fitur Amp tersebut telah dipasang di beberapa mitra Google. Namun, Google bakal berhat-hati dengan melakukan pemeriksaan privasi serta keamanan layanan mitranya. Nantinya, perubahan pada Gmail bakal mendukung pengoperasian yang lebih dinamis dan hemat waktu. Khususnya bagi pengguna dengan mobilitas e-mail yang tinggi.