Simpel! Begini Cara Pulihkan Akun Instagram yang Di-Hack

Ilustrasi penggunaan Instagram (Digital Trends)
18 Juni 2019 15:00 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Instagram terus memberikan berbagai pembaruan fitur pada platformnya. Beragam fitur baru itu sengaja dihadirkan guna meningkatkan kepuasan pengguna. Yang terbaru, Instagram merilis fitur pemulihan akun yang diretas dengan mudah.

Dikutip dari The Verge, Selasa (18/6/2019), fitur terbaru itu bisa dipakai jika Instagram mendeteksi pengguna kesulitan masuk ke akun yang dimiliki. Misalnya saat pengguna berulang kali gagal memasukkan kata sandi suatu akun. Dalam kondisi tersebut, pengguna tinggal mengeklik pilihan lupa kata sandi untuk memulihkannya.

Selanjutnya, Instagram bakal meminta pengguna memasukkan beberapa informasi personal. Mulai dari alamat surat elektronik maupun nomor telepon yang terhubung dengan akun Instagram. Setelah itu, Instagram bakal mengirim kode angka kepada penggua untuk memulihkan akun.

Setelah pengguna ukses mengakses akun kembali, Instagram bakal memberikan upaya tambahan agar peretas tidak bisa menggunakannya lagi. Instagram menjamin kode yang dikirimkan kepada pengguna tidak akan bisa dimanfaatkan oleh peretas.

Dengan uji coba fitur tersebut, pengguna bisa memulihkan akun mereka meski informasi di akunnya telah diganti oleh peretas. Sampai saat ini, belum semua pengguna bisa mengakses fitur tersebut karena masih dalam tahap uji coba.

Instagram berjanji merilis fitur tersebut secara global beberapa bulan ke depan. Sehingga pengguna bisa memulihkan akun langsung dari aplikasi smartphone. Instagram juga menjanjikan akun tersebut tidak bisa diambil alih orang lain setelah beberapa jam dipulihkan seusai diretas. Fitur baru ini juga dapat mencegah akun tidak asli di Instagram.