Ini Perbedaan Bitcoin dengan Libra Buatan Facebook

Ilustrasi Facebook Libra (Pictagram)
21 Juni 2019 07:00 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Kehadiran Facebook Libra meramaikan dunia mata uang digital alias cryptocurrency. Libra berfungsi sebagai alat pembayaran digital yang didukung sejumlah perusahaan seperti Visa, Mastercard, Paypal, hingga Uber. Hal ini membuatnya berbeda dari Bitcoin.

Sejumlah pakar teknologi menilai kehadiran Libra adalah pertanda kekuatan era cryptocurrency yang tidak bisa dihindari. Menurut CEO perusahaan investasi BKCM, Brian Kelly, seperti dikutip dari CNBC, Kamis (20/6/2019), Libra menciptakan versi digital dari mata uang Dollar, Yen, atau Euro. Karakteristiknya sama seperti mata uang yang stabil.

Sementara Bitcoin merupakan emas digital yang dinilai jauh lebih baik. Tetapi, tidak ada pihak ketiga yang bisa dipercaya untuk menyimpan Bitcoin. Jadi, itulah perbedaan mendasar dari Libra dan Bitcoin.

Libra adalah mata uang digital. Sementara Bitcoin adalah emas digital. Libra lebih stabil ketimbang Bitcoin. Sebab, tidak ada pihak ketiga yang bisa dipercaya untuk menyimpan Bitcoin,” terang Brian Kelly.

Brian kelly menambahkan, pengguna bisa menukarkan uang dengan Libra. Sehingga, Facebook dan rekanannya menjadi pihak yang dipercaya membuat jalur transaksi. Kepercayaan inilah yang membedakan antara Libra dengan jenis uang digital lainnya, seperti Bitcoin. Sebab, pembeli Bitcoin tidak perlu mempercayakan uang atau informasi apapun kepada pihak lain.

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, Facebook berencana untuk membangun dompet digital baru yang akan ada di dalam Messenger dan layanan pesan mandiri lainnya, yaitu Whatsapp. Setelah Libra aktif dan berjalan, mata uang dan dompet digital akan memudahkan orang mengirim uang ke teman, keluarga, dan bisnis melalui aplikasi tersebut.

Sebagai upaya untuk menjaga keamanan data pengguna, Facebook juga akan membentuk anak usaha untuk mengatur mata uang kripto Libra yang disebut Calibra. Calibra nantinya akan menjaga data keuangan yang dikumpulkan dari pengguna Libra terpisah dari data pengguna Facebook.

Oleh karena itu, jika pengguna Whatsapp menggunakan dompet Calibra untuk mengirimkan uang ke teman atau membayar peritel, interaksi itu tidak akan disimpan di samping profil media sosialnya. Jika berhasil, Libra diyakini bisa menjadikan Facebook pemain yang jauh lebih besar dalam layanan keuangan.