Youtube Jajal Sembunyikan Komentar

Logo Youtube (Youtube)
23 Juni 2019 00:00 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Kolom komentar di Youtube seringkali menjadi bahan diskusi bagi warganet. Namun, tak jarang pula kolom komentar tersebut malah menjadi wajah beragam ujaran kebencian dan berbagai hal negatif lainnya.

Oleh sebab itu, Youtube mencoba menyembunyikan kolom komentar video secara default dari pandangan pengguna. Komentar pada video tersebut tetap bisa dibaca, namun pengguna harus menekan satu tomblok khusus untuk memunculkannya.

Dikutip dari The Verge, Sabtu (22/6/2019), keberadaan tombol komentar di Youtube diketahui dari tangkapan layar yang beredar di dunia maya. Letaknya di antara tombol dislike, share, serta save to. Komentar pada video tersebut bisa dilihat langsung dengan menggulirkan hingga melewati daftar video rekomendasi.

Alternatif lain untuk menyembunyikan kolom komentar bernama looking for comments. Tombol ini muncul di akhir video rekomendasi. Mekanisme menyembunyikan komentar itu sedang diuji coba di kawasan India.

Kemungkinan besar nantinya Youtube akan menyembunyikan komentar secara default. Namun, pihak Youtube belum bisa memberikan kepastian terkait hal tersebut.

Menyembunyikan komentar adalah salah satu dari serangkaian uji coba yang kami lakukan. Kami akan mempertimbangkan untuk menggulirkannya secara luas berdasarkan tanggapan yang didapat,” terang Youtube.