Panas! Apple Pasang Baliho Sindir Proyek Google

Baliho sindiran Apple kepada Google di Toronto, Kanada. (Gsmarena.com)
09 Juli 2019 14:00 WIB Ginanjar Saputra Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO — Soal melindungi privasi data pengguna, IOS besutan Apple disebut jauh lebih unggul dibandingkan Android bikinan Google. Kali ini, Apple lagi-lagi mengejek Google tentang perlindungan data pribadi.

Dikutip dari GSM Arena, Selasa (9/7/2019), ejekan Apple itu tertuang pada baliho yang dipasang tepat di sebelah Kantor Sidewalk Labs di Toronto, Kanada. Sidewalk Labs adalah anak perusahaan Alphabet yang menggarap proyek Google dalam membangun permukiman generasi baru di Toronto, Kanada.

Pada baliho itu, Apple mengejek Google yang membangun Kota Pintar namun juga dianggap bertujuan mengumpulkan data pribadi warganya. "Kita sedang berada dalam bisnis untuk menghindar dari Anda. Privasi. Itulah Iphone," begitu bunyi sindiran Apple kepada Google pada baliho yang terpasang.

Google memang memiliki proyek pembangunan Kota Pintar namun juga mengumpulkan data pribadi para warganya. Data-data tersebut dikumpulkan melalui kamera dan sensor internet of things (IoT) yang terpasang di pemukiman tersebut.

Kamera di permukiman itu secara terus-menerus merekam gaya hidup penggunanya. Data tersebut kemdian digunakan untuk merencanakan berbagai hal dalam pembangunan kota pintarnya.

Kampanye privasi yang dilakukan Apple itu kali pertama muncul di Las Vegas, Amerika Serikat, tepatnya saat gelaran Consumer Electronics Show (CES) Januari 2019 lalu. Saat itu, Apple memasang baliho yang bertuliskan "Semua yang ada di Iphone-mu tetap ada di IPhone-mu".