Age Challenge Berbahaya?

Foto Bunga Citra Lestari yang mengikuti Age Challenge (Instagram/bclsinclair)
18 Juli 2019 18:40 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Tantangan baru bagi pengguna media sosial, Age Challenge, tengah digandrungi. Tantangan ini memperlihatkan wajah keriput seseorang yang dibuat dengan aplikasi digital FaceApp.

Popularitas FaceApp tersebut membuat sejumlah orang curiga, termasuk seorang politikus di Amerika Serikat. Politikus bernama Chuck Schumer itu meminta pihak FBI menginvestigasi aplikasi digital FaceApp. Sebab, menurutnya aplikasi yang bisa mengubah foto wajah seseorang menjadi tua secara instan itu sangat mengkhawatirkan.

Chuck Schumer menyampaikan kekhawatirannya tentang FaceApp lewat Twitter. Dia khawatir data pribadi pengguna, khususnya di Amerika Serikat, dikuasai pihak FaceApp yang diketahui berbasis di Rusia.

“FBI dan FTC harus melihat risiko keamanan dan privasi karena ada jutaan orang yang menggunakan FaceApp. Perusahaan ini dimiliki oleh Rusia. Pengguna harus menyediakan akses penuh pada data dan foto pribadi mereka saat menggunakan aplikasi FaceApp,” terang Chuck Schumer seperti dikutip dari Reuters, Kamis (18/7/2019).

Chuck Schumer khawatir daya pribadi yang dikumpulkan FaceApp itu bakal diakses oleh pihak ketiga yang tidak diketahui asal-usulnya. “Saya punya kekhawatiran serius soal perlindungan data yang dikumpulkan. Apakah pengguna sadar siapa saja yang mungkin mengaksesnya?” imbuhnya.

Sampai saat ini, belum ada bukti data pengguna FaceApp diserahkan kepada pemerintah Rusia. Pengelola aplikasi pun dengan tegas membantah tudingan tersebut. “Meskipun tim riset dan pengembangan inti berada di Rusia, data pengguna tidak kami kirimkan ke sana,” tegas perwakilan FaceApp.

Sebagai informasi, FaceApp kali pertama diluncurkan pada 2017. Pengguna bisa memanfaatkan aplikasi ini secara gratis tiga hari pertama. Selanjutnya, mereka dikenai biaya berlangganan jika ingin menggunakan semua fitur yang ada.

Meski belum lama dirilis, aplikasi digital FaceApp terbilang sangat populer. Aplikasi digital ini tercatat telah diunduh lebih dari 100 juta kali di Google Play Store. Bahkan, masuk dalam jajaran aplikasi terbaik di App Store dan Play Store pada 2017 serta mendapat badge Editor’s Choice dari Google.

Kini, aplikasi digital FaceApp kembali heboh berkat tantangan Age Challenge. Tantangan Age Challenge dipopulerkan dengan tagar #AgeChallenge dalam unggahannya. Uniknya, tak hanya anak muda yang meramaikan tantangan ini, beberapa orang tua juga andil mengikuti Age Challenge.