Kamera Mirrorless Fujifilm GFX100 Dibanderol Rp160 Juta, Apa Keistimewaannya?

Fujifilm GFX100 yang diluncurkan di Indonesia, Kamis (25/7/2019) (Bisnis - Rahmad Fauzan)
26 Juli 2019 02:10 WIB Rahmad Fauzan Teknologi Share :

Solopos.com, JAKARTA - Fujifilm GFX100 yang merupakan kamera terbaru PT Fujifilm dengan kamera mirrorless medium-format terbaru serta sensor gambar tertinggi 102MP resmi mulai dijual di Tanah Air hari ini, Kamis (25/7/2019).

Presiden Direktur PT FUJIFILM Indonesia, Noriyuki Kawakubo, mengatakan GFX100 dilengkapi dengan sensor gambar FUJIFILM G dengan medium format 43,8mm x 32,9mm dan ukuran 1,7 kali ukuran sensor gambar pada kamera fullframe 35mm.

Kamera ini menggabungkan antara sensor gambar dan megapiksel terbesar serta teknologi reproduksi warna yang unik. Dilengkapi dengan mesin image processing X-Processor 4 berkecepatan tinggi lensa FUJINON GF, kamera ini mampu menghasilkan gambar yang akurat sampai dengan detail terkecil dari suatu objek.

Sebagai inovasi canggih terbaru, GFX100 menggabungkan phase detection pixels ke seluruh bagian sensor (coverage ratio 100%) yang GFX100 memudahkan penggunaan dengan teknik autofokus berkecepatan serta presisi tinggi.

Fitur unggulan lain dari produk ini adalah kapabilitas untuk merekam video resolusi 4K dengan kedalaman warna 10-bit. Dengan kombinasi sensor gambar terbaru dengan kapabilitas high-speed readout dan mesin prosesor X-Processor, GFX100 dimungkinkan untuk digunakan pada kebutuhan produksi video berkualitas tinggi.

Sensor medium format, yang lebih besar dari sensor kamera sinema pada umumnya, meningkatkan reproduktivitas yang melintasi beragam warna, dan memberikan sensitivas superior.

Dengan kecanggihan ini, fotografer dapat dengan mudah mengambil video berkualitas tinggi yang menangkap tekstur dan kedalaman sedetail mungkin.

Selain itu, GFX100 juga memiliki pegangan vertikal yang ringan dan kuat, serta bodi yang dipadu dengan campuran magnesium merupakan satu lagi keunggulan pada GFX100.

Menyoal bobot, GFX100 memiliki berat dan ukuran yang sama dengan kamera digital high-end lensa tunggal meskipun memiliki sensor gambar berukuran besar. 

Di antara kamera digital lain yang dilengkapi dengan sensor yang lebih besar dari format full-frame 35mm, GFX100 merupakan kamera pertama di dunia yang menawarkan sensor back-illuminated dengan phase detection pixels, kemampuan merekam video 4K/30P, dan mekanisme IBIS (in-body image stabilization) yang akan menstabilkan gambar tidak hanya terhadap gerakan pitch dan yaw (atas/bawah dan miring kanan/kiri) tetapi juga terhadap gerakan shift (vertikal/horizontal) dan roll (rotasi).

Untuk menjawab tantangan dalam pemotretan profesional dengan kondisi yang sulit, GFX100 menghadirkan vertical grip serta bodi kamera yang ringkas, ringan, dan sangat kuat yang dilengkapi dengan weather-sealing di 95 titik untuk membuat bodi kamera sangat tahan terhadap debu, kelembaban dan suhu rendah.

Dengan banyaknya keunggulan yang ditawarkan, FUJIFILM GFX100 akan dilepas di pasaran dengan banderol Rp159.499.000 yang disertakan dengan tawaran promo khusus, yaitu gratis License Capture One Pro Fujifilm untuk pembelian GFX100.