Garap Perangkat Gaming 5G, Qualcomm Gandeng Tencent

Ilustrasi Qualcomm. (Reuters)
31 Juli 2019 02:10 WIB Syaiful Millah Teknologi Share :

Solopos.com, JAKARTA - Qualcomm Inc dan Tencent Holdings Ltd akan bekerja sama dalam proyek akselerasi video gim dengan perangkat cip Qualcomm dan pembuatan perangkat khusus gim 5G.

Berdasarkan perjanjian kerja sama tersebut, gim yang dikembangkan oleh Tencent nantinya dapat dioptimalkan untuk ponsel Android yang menjalankan chip game Qualcomm Snapdragon Elite.

Keduanya juga telah berkolaborasi menghadirkan ponsel khusus gim. Tencent bekerja sama dengan divisi perangkat gim Asustek Computer Inc yakni Republik of Games (ROG) untuk memperkenalkan ponsel gim dengan cip Qualcomm.

Selanjutnya, Tencent dan Qualcomm akan bersama-sama mengembangkan versi ponsel gaming dengan teknologi jaringan kelima atau 5G, yang dapat membantuk rencana Tencent menghadirkan layanan streaming game.

Kecepatan koneksi perangkat 5G yang lebih cepat memungkinkan streaming game yang lebih baik ke perangkat seluler. Seperti diketahui perusahaan lain seperti Microsoft Corp dan Alphabet Inc juga telah meluncurkan layanan serupa.

mobile gaming dengan penggunaan 5G akan segera mengambil keuntungan dari konektivitas generasi berikutnya. Kecepatan yang lebih cepat, bandwith yang lebih besar, dan latensi rendah akan mendukung pengalaman bermain gim yang nyata dan imersif,” kata Frank Meng, Ketua Qualcomm China seperti dikutip Reuters, Selasa (30/7/2019).

Sementara itu, Tencent juga tengah mempersiapkan layanan back0end berbasis cloud yang disebut Instant Play. Layanan tersebut dapat digunakan pengembang gim untuk memberikan daya lebih pada streaming game yang dilakukan.

Namun demikian Tencent belum mengungkapkan rencana layanan streaming game khusus seperti yang dilakukan banyak perusahaan teknologi lain. Para analis berpendapat bahwa hal itu mungkin terjadi dan sangat diharapkan kehadirannya.

Qualcomm merupakan pemasok terbesar cip ponsel yang memberi daya pada banyak perangkat Android di dunia. Sementara itu, Tencent merupakan perusahaan perangkat lunak seluler terbesar di China dengan kapitalisasi pasar mencapai US$453 miliar.