Yahud! Lensa Kontak Ini Bisa Ngezoom dengan Berkedip

Ilustrasi lensa kontak (Freepik)
01 Agustus 2019 02:10 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Sejumlah ilmuwan dari University of Carolina, San Diego, Amerika Serikat, tengah mengembangkan lensa kontak yang unik dan istimewa. Tak hanya membuat penglihatan lebih jelas, lensa kontak ini bikin mata pengguna bisa melihat benda lebih dekat. Dengan kata lain, mata lensa kontak ini berfungsi layaknya kamera yang memiliki fitur zoom.

Dikutip dari Engadget, Rabu (31/7/2019), lensa kontak tersebut dapat memperlihatkan citra objek lewat pembesaran. Mata yang memakai lensa kontak super canggih ini bisa melakukan zoom pada objek dengan dua kali kedip.

Penemuan lensa kontak super canggih tersebut telah dipublikasikan pada Advanced Functional Materials. Dalam laporan itu disebutkan bahwa lensa biomimetik pada lensa kontak terbuat dari selaput polimer lentur. Selaput ini berfungsi merespons sinyal listrik yang dihasilkan mata ketika berkedip.

Meski masih dalam tajap percobaan awal, para ilmuwan berharap penemuan mereka bisa dipakai pada prostesis. Prostesis merupakan kacamata yang dapat disesuaikan dengan robot meski dioperasikan dari jarak jauh.