Aplikasi Smartphone Dapat Deteksi Penyakit Ginjal

Ilustrasi alat kesehatan Reuters
02 Agustus 2019 15:00 WIB Septina Arifiani/Egitya Eryaningwidhi Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Sebuah aplikasi pendeksi penyakit ginjal pada ponsel, Streams, telah dikembangkan di Inggris. Aplikasi tersebut dimanfaatkan oleh dunia kedokteran sebagai penyelamat kepada pasien yang berpotensi memiliki penyakit ginjal.

Streams dikembangkan oleh dokter dan perawat Rumah Sakit Royal Free, London, serta perusahaan teknologi di Inggris, DeepMind yang mempunyai cara kerja menganalisis penyakit yang diderita oleh pasien yang telah melakukan pengambilan darah.

“Streams digunakan untuk memberitahukan kondisi ginjal kepada semua pasien yang telah melakukan pengambilan darah di rumah sakit kami,” jelas Stephen Powis, Medical Director di Rumah Sakit Royal Free London pada akun Youtube Royal Free London NHS Foundation Trust.

Hal yang mendukung dikembangkannya aplikasi ini karena beberapa lansia di Inggris terkena penyakit ginjal akut dan menyumbang angka kematian mencapai 100.000 orang per tahunnya . Ginjal akut merupakan penyakit yang sangat serius, jika tidak ada penanganan cepat akan berakibat fatal.

Menurut staf di Rumah Sakit Royal Free teknologi yang digunakan dalam aplikasi tersebut adalah potential lifesaver, karena dapat mendiagnosis seseorang terkena penyakit ginjal dalam hitungan menit, yakni 14 menit.

Mary Emerson, Kepala Spesialis Perawat di Royal Free mengatakan aplikasi ini telah membuat perubahan besar untuk pasien.

“Semua pasien dapat menerima peringatan tentang penyakitnya tak harus ke rumah sakit, itu bisa dilakukan di mana saja,” kata Emerson sebagaiman dikutip dari BBC Health, Kamis (8/1/2019).