Siapa Penguasa Smartphone Indonesia Kuartal Kedua 2019?

Samsung Galaxy Tab S5e, A10, dan A with S Pen meluncur serempak di Bangkok, Thailand, Selasa (9/4 - 2019) malam. (Antara/Alviansyah P)
11 Agustus 2019 03:00 WIB Newswire Teknologi Share :

Solopos.com, JAKARTA - Lembaga riset pasar Counterpoint mengumumkan laporan terbaru pasar smartphone Indonesia. Laporan tersebut mengungkap merek smartphone paling menguasai pasar Indonesia selama kuartal kedua tahun 2019.

Menurut laporan tersebut sebagiamana dilansir Suara.com, Sabtu (10/8/2019), merek Samsung menduduki peringkat teratas di Indonesia. Perusahaan asal Korea Selatan itu berhasil menguasai 27 persen pemasaran smartphone di Tanah Air. Meskipun, pencapaian Samsung di kuartal kedua tahun 2019 ini mengalami sedikit penurunan, mengingat di kuartal pertama Samsung berhasil merebut 28 persen market share.

Menurut Tarun Pathak dari Counterpoint, kesuksesan Samsung tidak lain karena kemunculan berbagai gawai dari seri Galaxy A. Disebutkan bahwa Samsung Galaxy A50 dan Galaxy A10 menjadi senjata utama Samsung.

Menyusul Samsung, Xiaomi menduduki peringkat kedua dengan capaian 21 persen. Angka ini meningkat dibandingkan dengan kuartal pertama tahun 2019 yang hanya sebesar 19 persen.

Peringkat ketiga diduduki Oppo dengan angka 17 persen dan disusul Vivo yang merebut 9 persen market share.

Menariknya, Realme berhasil menduduki posisi kelima dengan menggusur Asus pada kuartal kedua tahun 2019 ini. Realme berhasil masuk top 5 besar dengan pencapaian 8 persen market share di Indonesia.

Sayangnya, tidak ada merek lokal yang berhasil masuk ke dalam daftar pada kuartal tahun 2019 ini. Pada laporan sebelumnya, Advan merupakan satu-satunya smartphone lokal yang mampu bersaing dengan perangkat milik luar negeri lainnya.