SOLOPOS.COM - Logo facebook whatsapp instagram. (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA – Platform media sosial milik grup Meta, yakni WhatsApp atau WA, Instagram, dan Facebook sempat mengalami down, Kamis (4/4/2024). Saat ini ketiganya sudah pulih kembali.

Menurut situs pelaporan pemadaman aplikasi Downdetector, pengguna WhatsApp di berbagai negara, termasuk Indonesia melaporkan aplikasi WhatsApp tidak bisa digunakan sekitar pukul 01.16 WIB dengan keluhan tidak bisa mengakses aplikasi (68 persen) dan tidak bisa menerima pesan (26 persen).

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Laporan soal WhatsApp mengalami down antara lain berasal dari Jakarta dan Surabaya. Pengguna di Malaysia dan Singapura juga melaporkan masalah yang sama.

Di negara asalnya, Amerika Serikat, pengguna WhatsApp juga mengalami masalah serupa, antara lain di New York. Masalah pada Facebook juga terjadi pada waktu yang sama. Menurut situs Downdetector, keluhan pada aplikasi situs web (50 persen), komentar (29 persen) dan unggahan (21 persen).

Sementara pada Instagram, laporan gangguan di situs Downdetector berlangsung antara pukul 01.30 WIB hingga 05.00 WIB di Indonesia untuk koneksi server (49 persen), aplikasi (31 persen) dan profil (19 persen).

Warganet juga mengeluhkan gangguan pada Instagram dan WhatsApp melalui platform X (Twitter) hingga kedua aplikasi tersebut menjadi trending topic.

Melalui akun resmi di X, WhatsApp mengumumkan bahwa mereka sudah kembali normal. “Dan kami kembali. Selamat berkirim pesan,” kata WhatsApp.

WhatsApp sebelumnya juga menyatakan telah mengetahui gangguan tersebut dan berupaya memperbaiki secepat mungkin.

Sebelumnya, media sosial Instagram dan Facebook sempat mengalami down. Namun saat ini kedua media sosial di bawah Meta itu sudah normal kembali.

Instagram dan Facebook sempat mengalami down atau tidak dapat diakses pada Selasa (5/3/2024) malam. Pengguna mengeluhkan tidak bisa mengakses Instagram untuk beberapa waktu. Terdapat informasi “Couldn’t refresh the feed” saat mereka ingin mengakses Instagram Feed, Profile, maupun Explore.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya