SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

 

Harianjogja.com, JAKARTA — Kaspersky Lab menemukan virus Trojan baru yang menargetkan perangkat Android dan menyamar sebagai game yang menyenangkan yaitu Tic Tac Toe. Malware ini dijuluki sebagai Trojan Gomal yang mengumpulkan informasi tentang perangkat yang diinfeksi dan mengirimkan semua data ke server utama.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Bukan itu saja, program jahat ini juga memiliki fungsi baru yang jarang terlihat dalam jenis malware lainnya. Gomal memiliki semua fungsi spyware yang dapat merekam suara, melakukan panggilan dan mencuri SMS.

Selain itu, malware ini juga memiliki mekanisme yang menyediakan akses ke berbagai layanan Linux dan menyerang sistem operasi berbasis Android. Secara khusus, Trojan dapat membaca memori dan membahayakan banyak aplikasi komunikasi.

Sebagai contoh, Trojan Gomal dapat mencuri email dari aplikasi Good for Enterprise. Aplikasi ini diposisikan sebagai layanan email yang aman digunakan oleh perusahaan, sehingga pencurian data dari aplikasi ini merupakan masalah serius bagi perusahaan dimana pemilik perangkat Android tersebut bekerja.

“Permainan Tic Tac Toe yang tampaknya tidak berbahaya ternyata memberikan penjahat cyber akses ke sejumlah besar data pribadi dari pengguna perangkat Android serta data perusahaan tempat pengguna bekerja,” kata Anton Kivva, analis antivirus di Kaspersky Lab melalui keterangan resminya yang dilansir Liputan6.com, Rabu (15/10/2014).

Teknik yang digunakan oleh Gomal, lanjut Anton, awalnya diterapkan pada Trojans Windows, tapi sekarang telah berpindah ke malware Android. Yang lebih mengkhawatirkan lagi adalah bahwa teknik ini dapat menyesuaikan diri untuk mencuri data dari aplikasi lain termasuk juga dari Good for Enterprise.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya