SOLOPOS.COM - TV Analog bisa menerima siaran TV Digital dengan memasang perangkat Set Top Box (STB). (Siarandigital.kominfo.go.id)

Solopos.com, SOLO — Tahukah Anda ternyata Set Top Box (STB) yang digunakan untuk menonton siaran TV digital ternyata berbeda dengan STB Android TV?

Dengan adanya migrasi TV analog ke TV digital per 2 November 2022, masyarakat ramai-ramai membeli set top box. Padahal tidak semua jenis televisi perlu menggunakan STB. Hanya TV yang belum dibekali fitur DVB-T2 dan TV analog yang butuh dipasang set top box.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Dilansir situs resmi Kominfo, set top box merupakan peranti teknologi informasi yang komponen utamanya berupa chip processor dan memory. Tugasnya adalah memproses sinyal digital menjadi sinyal analog dan mengolah input siaran digital, lalu dikeluarkan dalam bentuk gambar dan suara ke TV analog.

Tetapi, Set Top Box (STB) untuk TV digital dengan Android TV itu berbeda hlo. Mengutip penjelasan Diskominfotik Pemprov Lampung di situs resminya, STB TV digital berfungsi untuk menangkap siaran TV terestrial digital ke perangkat TV analog. Sementara itu, STB Android TV digunakan untuk mengubah TV konvensional menjadi TV pintar atau Smart TV.

Baca Juga: Begini Cara Mencari Sinyal TV Digital Pakai Set Top Box, Mudah Kok!

“Set Top Box (STB) TV digital ialah alat untuk mengonversi sinyal menjadi gambar dan suara agar dapat ditampilkan pada TV analog. Di Indonesia menggunakan DVB-T2 untuk menangkap siaran TV digital. Sedangkan Android TV Box adalah perangkat yang digunakan untuk mengubah televisi biasa menjadi televisi pintar,” bunyi keterangan dari Diskominfotik Pemprov Lampung.

Selain itu, perbedaan Set Top Box (STB) TV digital dan Android TV juga terletak koneksi internetnya. Di Android TV perlu koneksi internet. Sebaliknya, di TV digital tidak membutuhkannya. Kemudian, Android TV tidak perlu menggunakan antena.

Baca Juga: Cara Cek Penerima Bantuan Set Top Box Gratis dari Pemerintah, Cukup Pakai NIK

Hal ini berbeda dengan TV digital yang tetap harus terhubung antena. Biasanya, STB Android TV dikenakan tarif langganan per bulannya. Sementara itu, set top box TV digital gratis tanpa iuran per bulan. Hanya mengeluarkan uang saat membeli STB di awal.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya