SOLOPOS.COM - Ilustrasi merger Tri dengan Indosat. (Dok. Solopos.com)

Solopos.com, JAKARTA – Jaringan Indosat sempat mengalami eror Senin (1/1/2024) sekitar pukul 10.00 WIB hingga 11.38 WIB setidaknya terjadi di Soloraya, Jogja, hingga Magelang. Indosat pun memberikan klarifikasi mengenai gangguan jaringan yang terjadi pada ribuan pengguna tersebut.

Melalui akun Instagram resminya, Indosat mengatakan bahwa gangguan tersebut terjadi di sebagian wilayah di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. “Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang saat ini terjadi. Kami informasikan saat ini terdapat gangguan jaringan seluler Indosat Ooredoo Hutchison yang terjadi di sebagian wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta,” tulis pihaknya di akun @indosat.

Promosi Iwan Fals, Cuaca Panas dan Konsistensi Menanam Sejuta Pohon

Pihak Indosat pun saat ini sedang melakukan percepatan penanganan gangguan. “Saat ini tim kami sedang melakukan percepatan penanganan gangguan tersebut dan akan kami update hasilnya di seluruh kanal remsi media sosial Indosat,” lanjutnya.

Sayangnya dalam klarifikasinya, Indosat tidak menyebutkan mengenai penyebab gangguan terhadap jaringan seluler mereka. Pihaknya juga tidak menyinggung mengenai hilangnya sinyal yang diduga karena kantor Indosat di Semarang terbakar.

Ada seorang netizen yang kemudian menyangkutkan masalah hilang sinyal ini dengan kebakaran kantor Indosat yang berada di Banyumanik, Semarang. Informasi kebakaran tersebut diposting oleh akun X.com @ur970901. Akun tersebut menduga kebakaran menyebabkan jaringan Indosat mendadak hilang saat tahun baru. “Kebakaran di kantor Indosat Banyumanik, Semarang, Senin (1/1/2024) pukul 09.55 WIB. Mungkin gegara ini sinyal internet IM3 dan 3 error trouble sampai hilang total. Dari tadi cuma emergency calls only,” tulis akun tersebut.

Tak hanya itu, akun @SmgMenfess juga mengunggah kondisi kantor Indosat yang terbakar pada Senin. “Penyebab sinyal Indosat hilang,” tulis akun tersebut. Postingannya itu pun langsung dibanjiri komentar warganet yang mengatakan bahwa mereka sampai saat ini belum bisa mengakses internet. Bisnis mencoba mengonfirmasi hal tersebut dan dibenarkan oleh pihak Indosat, bahwa kantor Indosat mengalami kebakaran.

Belum ada penjelasan mengenai gangguan sinyal yang terjadi.  Sebelumnya, jaringan eror ini menjadi trending topik di media sosial X pada Senin (1/1/2024) siang WIB. Dari pantauan Bisnis, sinyal hilang tersebut terjadi sekitar pukul 10.00 WIB hingga 11.38 WIB. Sejumlah daerah yang mengalami hilang sinyal yakni Soloraya, Jogja, hingga Magelang.

Bahkan gangguan ini juga dialami oleh pengguna di Semarang dan Cilacap. Sejumlah pengguna mengatakan bahwa sinyal tiba-tiba memunculkan logo X yang artinya tidak ada jaringan sama sekali. Sinyal sempat muncul kembali pada pukul 11.00 WIB, namun internet masih belum bisa dipakai. Namun tak lama, sinyal benar-benar hilang sepenuhnya.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Klarifikasi Indosat soal Gangguan Jaringan pada Senin (1/1)”

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya