SOLOPOS.COM - Router (dok)

Solopos.com, SOLO-Jika internet di rumah kamu lemot lambat atau tidak stabil, coba cek posisi router WiFi. Posisi router yang tidak pas juga bisa mengakibatkan jangkauan WiFi tidak maksimal.

Berikut ini adalah beberapa tips menempatkan posisi router WiFi, seperti dikutip dari Firstmedia.

Promosi Nusantara Open 2023: Diinisiasi Prabowo, STY Hadir dan Hadiah yang Fantastis

 

Router Mempengaruhi Jangkauan WiFi

Pasti! Router memainkan hal penting dalam jangkauan WiFi di dalam rumah kamu. Posisi dan keadaan sekitarnya dapat mempengaruhi sinyal WiFi yang dipancarkan oleh router. Oleh karena itu, penting untuk menempatkan router kamu di tempat yang tepat.

 

Tips Posisi Router WiFi Terbaik Agar Internet Cepat di Rumah

 

  1. Letakkan di pusat rumah

Pastikan kamu meletakkan di pusat rumah kamu, agar sinyal dapat merata ke seluruh area. Hindari meletakkannya di dekat dinding tebal atau di sudut rumah yang terpencil, karena hal tersebut dapat memblokir atau melemahkan sinyal WiFi.

 

  1. Pastikan bebas hambatan

Hindari menempatkan router WiFi di dekat dinding tebal, kaca berlapis, atau peralatan elektronik besar seperti microwave, kulkas atau televisi. Semua ini bisa memblokir atau mengurangi kekuatan sinyal WiFi kamu.

 

  1. Ketinggian

Pastikan untuk menempatkan router WiFi di atas lantai, misalnya di atas meja atau rak, bukan di lantai. Dengan posisi yang lebih tinggi, sinyal wifi dapat menyebar dengan baik ke semua arah.

 

  1. Jauhkan dari peralatan listrik

Lalu kamu bisa menghindari posisi router WiFi terlalu dekat dengan peralatan listrik atau elektronik yang menghasilkan medan elektromagnetik yang kuat, seperti lampu neon dan peralatan industri.

 

  1. Arahkan antena dengan benar

Jika router kamu memiliki antena yang dapat diarahkan, coba eksperimen dengan mengubah arah dari antena untuk menemukan posisi mana yang optimal sehingga bisa meningkatkan kecepatan koneksi internet kamu di dalam rumah.

 

  1. Pertimbangkan penggunaan repeater atau Mesh System

Jika rumah kamu sangat besar dan luas serta memiliki banyak dinding tebal, pertimbangkan untuk menggunakan repeater atau sistem mesh untuk memperluas jangkauan WiFi secara efektif ke seluruh area rumah.

 

Router Berpengaruh terhadap Kecepatan Internet

Posisi router berpengaruh juga terhadap kecepatan internet yang kamu dapatkan. Dalam mengoptimalkan kecepatan internet, pastikan router kamu ditempatkan sesuai dengan tips diatas.

 

Dengan tips-tips di atas, kamu bisa meningkatkan jangkauan WiFi dan kecepatan internet di rumah kamu. Perlu diingat bahwa setiap lingkungan rumah dapat memiliki karakteristik yang berbeda-beda, jadi kamu mungkin perlu melakukan beberapa penyesuaian untuk menemukan posisi yang lebih optimal untuk router WiFi kamu.

Tetapi, dengan tips di atas kamu bisa menikmati konektivitas WiFi yang lebih baik dan pengalaman internet yang lebih lancar di rumah kamu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya