SOLOPOS.COM - Berbicara mengenai sistem operasi yang optimal untuk kebutuhan server, CloudLinux menjadi salah satu pilihan utama. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Berbicara mengenai sistem operasi yang optimal untuk kebutuhan server, CloudLinux menjadi salah satu pilihan utama yang tidak boleh diabaikan. Sistem operasi ini menawarkan beragam fitur unggulan yang secara signifikan meningkatkan kinerja, stabilitas, dan keamanan server.

Linux telah lama dikenal sebagai sistem operasi yang andal, tidak terkecuali dalam hal userannya untuk server berbasis cloud dan Linux sebagai opsi terbaik untuk layanan cloud hosting maupun VPS murah. Keunggulan tersebut menjadikan CloudLinux sebagai solusi banyak digunakan oleh para profesional di bidang IT untuk membangun dan menjalankan lingkungan server yang efisien dan aman.

Promosi Kisah Pangeran Samudra di Balik Tipu-Tipu Ritual Seks Gunung Kemukus

Dengan sejumlah fitur canggih yang ditawarkannya, CloudLinux mampu memberikan performa yang optimal untuk berbagai keperluan server, menjadikannya pilihan yang sangat direkomendasikan bagi mereka yang membutuhkan server berbasis cloud yang stabil.

Selain itu, apa saja kelebihan lain dari CloudLinux? Sebelumnya, kenali terlebih dulu apa itu CloudLinux dan berbagai fiturnya.

Apa yang Dimaksud dengan CloudLinux?

CloudLinux merupakan sebuah sistem operasi atau operating system (OS) berbasis Linux yang secara khusus dirancang untuk memenuhi keperluan server. Tujuan utama useran OS ini adalah untuk meningkatkan performa dan keamanan server.

Sistem operasi CloudLinux memanfaatkan teknologi Lightweight Virtualized Environment (LVE) yang mengatur penggunaan memori hingga penggunaan resource server. Apabila salah satu user mengalami lonjakan lalu lintas yang mengonsumsi resource secara signifikan, OS ini mampu mencegah terjadinya penurunan kinerja server.

Resource yang diperlukan tidak akan dikenakan beban penuh pada server, tetapi akan dikelola melalui Virtualized Environment. Resource tersebut mencakup Central Processor Unit (CPU), memori, serta koneksi yang digunakan oleh setiap user.

Fitur-fitur di CloudLinux

Sebagai sistem operasi berbasis Linux, CloudLinux memiliki beberapa fitur yang dapat dimaksimalkan untuk pengelolaan server. Fitur-fitur tersebut di antaranya adalah:

CageFS

CageFS merupakan fitur berupa sistem file virtual untuk membatasi akses user dengan tujuan untuk menjaga kerahasiaan informasi berharga seperti identitas user, kata sandi, alamat, dan lainnya. Melalui fitur ini, user hanya bisa melihat proses file system milik sendiri yang dinyatakan aman dan tidak dapat mengakses data pada server yang diunggah oleh user lain.

HardenedPHP

HardenedPHP memiliki fungsi untuk memastikan seluruh implementasi PHP mendapatkan perlindungan yang baik. Mekanisme fitur ini berjalan dengan menambahkan perbaikan ke berbagai versi PHP untuk mengatasi potensi kerentanan. Fitur ini membuat semua versi PHP, termasuk yang sudah tidak lagi mendapatkan dukungan teknis dan bekerja secara optimal.

SecureLinks

Mewakili teknologi level kernel untuk merespons ancaman symbolic link (symlink), SecureLinks berperan penting dalam meningkatkan tingkat keamanan server dengan memanipulasi server web Apache agar membaca konfigurasi PHP tertentu. Tindakan ini berfungsi sebagai langkah pencegahan yang efektif untuk menghalangi upaya peretasan menggunakan symbolic link.

Lightweight Virtual Environment (LVE)

LVE adalah teknologi level kernel yang digunakan untuk mengatur penggunaan resource server hingga penggunaan memori, yang terintegrasi secara langsung dengan server, database, dan Plugable Authentication Module (PAM). Tujuannya adalah agar server tidak mengalami downtime akibat lonjakan lalu lintas yang tak terduga atau pelanggaran terhadap penggunaan bandwidth.

MySQL Governor

Fitur ini memiliki peran serupa dengan LVE untuk memonitor pengelolaan resource database. MySQL Governor melakukan monitoring terhadap penggunaan MySQL secara keseluruhan dan melakukan pengecekan terhadap penggunaan disk IO dan CPU secara real-time saat query MySQL dijalankan. Semua query yang lambat akan dihentikan secara otomatis, sehingga potensi gangguan terhadap server, seperti overloading, dapat dicegah secepatnya.

Kesimpulan

Sebagai sistem operasi berbasis Linux, CloudLinux dapat mengoptimalkan performa dan keamanan server melalui pembagian dan pembatasan resource di dalamnya. CloudLinux dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan yang berkontribusi untuk menjaga kestabilan dan keamanan server, seperti CageFS yang melindungi informasi sensitif, serta fitur LVE yang memiliki peran sentral dalam pengelolaan server.

Selain mempertimbangakan OS yang akan digunakan, Anda juga perlu memilih layanan server yang berkualitas, seperti dari DomaiNesia. VPS Server DomaiNesia sudah dilengkapi dengan customer support yang memadai, sehingga tak perlu khawatir lagi jika sewaktu-waktu terjadi kendala pada server Anda.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya