SOLOPOS.COM - Samsung Galaxy C5 (Gsmarena)

Smartphone Android paling aman adalah Nexus dan Samsung.

Solopos.com, SOLO — Keamanan smartphone diakui oleh pengembang Android menjadi masalah bagi OS robot hijau itu. Namun ada dua merek Android yang disebut punya tingkat keamanan tinggi, yaitu perangkat Nexus dan ponsel buatan Samsung.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Pakar keamanan dan anggota Hall of Fame Product Security Qualcomm, Gal Beniamini, adalah orang yang menyatakan itu sembari mendemonstrasikan celah keamanan yang sangat berbahaya di OS Android.

Dilansir Android Authority, Minggu (3/7/2016), celah keamanan berbahaya itu ada di semua perangkat Android yang belum menerima pembaruan keamanan bulan Mei lalu dari Google. Menurutnya, ada 57% perangkat Android yang belum menerima pembaruan tersebut.

Ini artinya mayoritas perangkat Android masih terancam karena mempunyai lubang yang menganga dan bisa dieksploitasi oleh orang tak bertanggung jawab. Menurut Beniamini, dari pengujiannya, hanya perangkat Nexus dan sejumlah perangkat Samsung Galaxy anyar yang mempunyai tingkat keamanan tinggi.

Ia menguji sejumlah ponsel tersebut, dan menurutnya sistem keamanan di ponsel tersebut meningkat secara signifikan sejak terakhir ia uji pada bulan Januari lalu. Berdasarkan pengujian ini, ia bisa menyatakan kalau dari segi keamanan, hanya dua jenis perangkat ini yang layak dibeli.

Smartphone Samsung sendiri sebelumnya diberitakan bisa memenuhi standar keamanan yang ditetapkan oleh Pemerintah Amerika Serikat, tepatnya Samsung Galaxy S4.

Pada 2014 lalu, sejumlah perangkat buatan Samsung mendapatkan izin dari National Security Agency dalam program National Information Assurance Partnership (NIAP) Commercial Solutions for Classified karena teknologi keamanan KNOX yang dipakai oleh Samsung.

Samsung Galaxy S4 dengan lapisan keamanan tambahan buatan Defense Information Systems Agency (DISA) adalah perangkat komersial pertama yang mendapat izin untuk terhubung dengan jaringan rahasia SIPRNet milik Departemen Pertahanan AS, karena memenuhi persyaratan dalam program DOD Mobility Classified Capability-Secret (DMCC-S).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya