SOLOPOS.COM - Samsung Z1 Tizen (Dok)

Smartphone terbaru Samsung yang mengusung sistem operasi Tizen akhirnya dirilis.

Solopos.com, SEOUL – Samsung akhirnya benar-benar merilis smartphone terbaru dengan sistem operasi buatannya sendiri, Tizen. Smartphone ini mengusung seri Z1 dan dibanderol Rp1 Jutaan.

Promosi Pramudya Kusumawardana Bukti Kejamnya Netizen Indonesia

Dilansir Teknoup, Kamis (15/1/2015), setelah sempat tertunda peluncurannya beberapa bulan yang lalu, Samsung akhirnya jadi merilis smartphone Tizen pertama. Smartphone terbaru ini bernama Samsung Z1 dan akan dirilis di India dengan harga 5700 Rupee atau sekitar sekitar Rp1,1 juta rupiah.

Samsung Tizen Z1 memakai layar 4 inci WVGA tipe PLS, dengan chip dual-core 1.2 GHz di dalamnya dan RAM 768 MB plus penyimpan internal 4GB yang bisa diekspansi melalui kartu microSD. Di bagian belakang terpasang kamera 3,1 megapiksel, sementara di bagian depan terpasang kamera VGA.

Smartphone terbaru ini memakai Tizen 2.3 dan memiliki fitur dual-SIM. Sayangnya tidak seperti OS BlackBerry 10 yang kompatibel dengan aplikasi Android, OS Tizen dari Samsung tidak mendukung instalasi aplikasi Android di dalamnya. Pihak Samsung juga tidak menyebutkan jumlah aplikasi yang saat ini telah tersedia untuk smartphone platform baru ini.

Menurut Samsung, Tizen merupakan OS yang sangat ringan, yang tidak akan menguras kinerja hardware ponsel dan memungkinkan penggunaannya akan sangat mulus.

Pihak Samsung sebelum ini sudah menyatakan rencananya untuk memasang Tizen di televisi pintar buatannya. Selain itu Samsung juga menjanjikan akan munculnya perangkat lain berbasis Tizen di masa mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya