SOLOPOS.COM - Tampilan Windows Phone 8.1 (Wpcentral.com)

Solopos.com, SOLO — Nokia dijadwalkan akan memperkenalkan dua smartphone terbarunya Lumia 930 dan Lumia 630 di Microsoft Build Conference. Lumia 630 akan jadi “tubuh” pertama bagi sistem operasi Windows Phone 8.1.

Vr-Zone, Sabtu (29/3/2014), memastikan Lumia 930 bakal lebih menarik perhatian penggila teknologi ketimbang Lumia 630. Pasalnya ponsel ini akan menjadi yang pertama mengusung Windows Phone versi 8.1. Sementara Lumia 930, meski juga mengusung sistem operasi yang sama , akan diperkenalkan sebagai pengusung kedua OS ini.

Promosi Primata, Permata Indonesia yang Terancam Hilang

Nokia Lumia 630 mengusung layar 4,5 inci dengan resolusi 480 x 800. Dari segi dapur pacunya ditenagai prosesor quad-core Snapdragon CPU 400 dan RAM 1 GB. Smartphone ini juga didukung mode dual SIM yang memungkinkan pengguna untuk menyematkan dua SIM card dengan dua nomor telepon sekaligus. Sedangkan dari sisi jepretan, smartphone teranyar Nokia ini hanya dilengkapi kamera belakang beresolusi 5 MP tanpa flash.

Retailer di China sudah mulai menampilkan poster iklan untuk Lumia 630. Dalam poster tersebut terlihat bahwa smartphone yang juga memiliki nama MoneyPenny ini telah berjalan dengan sistem operasi teranyar Windows Phone 8.1.

Dalam poster iklan tersebut tercantum harga Lumia 630 itu nantinya 1.000 yuan atau setara dengan Rp 1,8 juta. Sayangnya sampai sekarang belum diketahui dengan pasti apakah Nokia Lumia 630 juga akan menyambangi pasar Indonesia.

Sejatinya, sebelum dirilis pun lika-liku Windows Phone sudah menyedot perhatian media. Sistem operasi terbaru Windows Phone ini kabarnya telah melakukan banyak update menarik.

Teknoup yang mengutip Wpcentral, Minggu (30/3/2014), memaparkan sebelumnya beredar kabar bahwa Windows Phone 8.1 baru mencapai tahap CXE (consumer experience) dan diperkirakan masih akan memakan waktu sekitar beberapa minggu hingga sistem operasi Windows Phone 8.1 versi Release to Manufacturers (RTM).

Windows Phone 8.1 baru saja mencapai tahap RTM dan mulai di ujicoba oleh para pembuat ponsel Windows Phone seperti Nokia dan Samsung. PhoneArena Senin (31/3/2014), memaparkan Windows Phone 8.1 kabarnya akan bisa menginstal serta menyimpan aplikasi di kartu micro-SD (seperti Android dan Symbian).

Hal ini tentunya sangat menarik, apalagi Windows Phone 8.1 telah mendukung microSD berkapasitas 128GB. Namun untuk menjaga agar kualitas kinerja yang diberikan tetap stabil dan nyaman, Microsoft telah mensyaratkan kelas minimal untuk microSD yang dapat digunakan untuk menginstal aplikasi Windows Phone 8.1.

Windows Phone 8.1 mensyaratkan micro-SD SDHC kelas 6. Namun direkomendasikan untuk menggunakan microSD SDHC kelas 10 untuk performa optimal. Dengan alasan menjaga performa, Windows Phone 8.1 tidak akan bisa menggunakan microSD kelas 4 ke bawah untuk menyimpan serta menginstal aplikasi. Fitur pemindah aplikasi dari memory ponsel ke micro-SD pun akan dinonaktifkan secara otomatis.

Bagi anda yang tidak tahu kelas microSD yang sedang digunakan, Windows Phone 8.1 secara otomatis akan mengetes terlebih dahulu apakah microSD yang disisipkan memenuhi syarat atau tidak. Jika memenuhi syarat, maka pengguna akan ditawarkan untuk memindahkan aplikasi ke kartu memory. Beberapa brand besar sudah mengantre untuk menjalin hubungan kerja sama dengan Microsoft, sebutlah antara lain Nokia, HTC, LG, Lenovo, Huawei, dan ZTE.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya