SOLOPOS.COM - Tampilan Nokia X2 (slashgear.com)

Solopos.com, NEW YROK – Nokia akhirnya mengumumkan kehadiran Nokia X2 melalui blog resminya. Suksesor Nokia X2 ini akan menghadirkan sejumlah kejutan. Varian anyar ponsel Android Nokia ini disebut bakal mengisi celah di antara Nokia X dan XL. Spesifikasi yang dimiliki di atas varian tertinggi, Nokia XL.

Seperti dilansir The Next Web, Selasa (24/6/2014), Nokia X2 bakal dibanderol pada kisaran 135 US$ atau sekitar Rp1,6 jutaan. Adapun varian Nokia XL saat ini dijual pada kisaran Rp1,9 juta untuk pasar Indonesia.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Dilansir GSMArena, Senin (23/5/2014), smartphone Android Nokia ini dikatakan memakai sistem operasi X software versi 2.0, dan setelah diteliti lebih jauh diketahui bahwa platform tersebut ternyata memakai basis dari OS Android 4.3 Jelly Bean.

Platform ini berbeda dengan OS yang dipakai di Nokia X, X+, dan XL. Ketiga smartphone tersebut menggunakan OS yang berbasis pada kode Android 4.1 Jelly Bean.

Perubahan kode dasar ini diketahui dari dokumentasi developer Nokia untuk X2. Dalam dokumentasi tersebut disebutkan bahwa Nokia memakai framework pengembangan Android AOSP API Level 18 yang jika dirunut ke referensi Google merujuk ke Android 4.3 Jelly Bean. Nokia X, X+, dan XL diketahui memakai API Level 16 yang sama dengan Jelly Bean.

Sayangnya, pengguna Nokia X, X+, dan XL tidak akan bisa memakai platform X2 ini di handset mereka. Nokia telah resmi mengumumkan bahwa ketiga handset Android terdahulu tersebut tidak akan memperoleh update ke X software platform 2.0.

Nokia X2 memiliki layar 4.3-inci, prosesor dual-core Snapdragon 200 1.2GHz, RAM 1GB, kamera belakang 5MP, dan baterai 1800mAh. Desainnya sangat mirip dengan predesesornya, yang membedakan hanya lapisan bening di bodi, hadirnya tombol Home, LED flash, serta dimensi yang lebih besar. Tersedia dalam pilihan warna menyala seperti hijau, oranye, dan hitam, dengan warna kuning, putih dan abu-abu menyusul di akhir tahun.

[Video] http://www.youtube.com/watch?v=Ri7qNQc5Q08



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Jelang Pilwalkot Semarang 2024, Partai Koalisi Indonesia Maju Gelar Pertemuan

Jelang Pilwalkot Semarang 2024, Partai Koalisi Indonesia Maju Gelar Pertemuan
author
Imam Yuda Saputra Selasa, 14 Mei 2024 - 01:36 WIB
share
SOLOPOS.COM - Pilkada Serentak 2024. (ANTARA/Afif)

Solopos.com, SEMARANG — Menjelang Pilwalkot Semarang 2024, partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) menggelar pertemuan. Pertemuan yang dikemas dalam acara silaturahmi kebangsaan itu digelar di Hotel Grandhika, Kota Semarang, Selasa (14/5/2024).

Ketua Desk Pilkada Kota Semarang Partai Gerindra,Joko Susanto, membenarkan adanya pertemuan koalisi partai yang memenangkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam Pilpres 2024 itu. Kendati demikian, ia tak bisa memastikan apakah pertemuan nanti akan membahas koalisi di Pilwalkot Semarang 2024.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Namun, ia pun berharaap koalisi untuk Pilwalkot Semarang nanti tidak jauh berbeda dengan saat Pilpres 2024. “Rencana besok kita ada pertemuan dengan Koalisi Indonesia Maju, koalisi presiden kami kemas dalam kegiatan silaturahmi kebangsaan,” ujar Joko di Kantor DPC Partai Gerindra Kota Semarang, Senin (13/5/2024) malam.

Koran Solopos

Joko mengaku silahturahmi kebangsaan tersebut bakal membahas langkah awal KIM menuju Pilkada serentak pada 27 November 2024. Meski demikian, ia tidak bisa memastikan apakah pembahasan nanti meliputi Pilwalkot Semarang 2024.

“Kegiatan seputar langkah awal kita untuk mengkomunikasikan supaya Koalisi Indonesia Maju ini bisa bersatu menuju Pilkada tahun 2024,” jelasnya.

Terpisah, Sekretaris DPD II Partai Golkar Kota Semarang, Anang Budi Utomo, membenarkan terkait adanya pertemuan KIM bertajuk silahturahmi kebangsaan itu. Namun, pria yang juga menjabat sebagai anggota DPRD Kota Semarang itu mengaku tidak tahu apakah agenda tersebut juga membahas mengenai Pilwalkot Semarang 2024.

Emagazine Solopos

“Infonya iya [pertemuan KIM di Hotel Grandhika Smarang]. Kalau terkait itu [pembahasan seputar Pilwalkot Semarang 2024] saya tidak tahu,” ujar Anang.

Sekadar untuk diketahui, KIM merupakan koalisi partai politik yang terdiri dari Gerindra, Golkar, PBB, PAN, PSI, Gelora, Garuda, serta Prima. Delapan parpol tersebut dibentuk untuk mengusung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming pada Pilpres 2024.

Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Anzac Day Momentum Kebangkitan Nasional Rakyat Australia

Anzac Day Momentum Kebangkitan Nasional Rakyat Australia
author
Rini Yustiningsih Selasa, 14 Mei 2024 - 01:20 WIB
share
SOLOPOS.COM - Warga menikmati replika bunga poppy di pelataran kantor pemerintahan Perth, Kamis (25/4/2024). (Solopos/Rini Yustiningsih)

Solopos.com, PERTH — Kementerian Luar Negeri Australia melalui Konsulat Jenderal (Konjen) di Surabaya mengundang lima pemimpin media di Jawa Timur dan Jawa Tengah, salah satunya Pemred Solopos, Rini Yustiningsih, melakukan media visit ke Negeri Kanguru itu 24 April-4 Mei 2024. Berikut laporannya.

Jalanan St Georges Terrace, Perth, Australia Barat, Kamis (25/4/2024) sejak pukul 09.00 waktu setempat diramaikan masyarakat dari berbagai wilayah di Australia Barat. George Terrace merupakan salah satu jalanan utama atau pusat bisnis di Perth.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Warga menyaksikan parade di St Georges Terrace, Perth, Australia Barat, Kamis (25/4/2024). (Istimewa/Martin Landauer)

Warga menyaksikan parade di St Georges Terrace, Perth, Australia Barat, Kamis (25/4/2024). (Istimewa/Martin Landauer)

Parade marching band bertalu bersahutan di sepanjang jalanan. Masyarakat memberi tepuk tangan meriah kepada setiap peserta parade yang melewati jalanan itu.

Koran Solopos

Pasukan yang sebagian besar merupakan veteran dari berbagai kesatuan tentara di Australia, mengenakan seragam kebesarannya. Ada pula para remaja dan anak-anak muda yang turut berparade mengenakan pin simbol bunga popi.

Hari itu diperingati sebagai Anzac Day. Anzac merupakan singkatan Australian and New Zealand Army Corps. Anzac Day merupakan “Hari Pahlawan” Australia.

Semua warga di berbagai belahan di benua Kanguru itu memperingatinya. Setiap 25 April itu pula menjadi libur nasional Australia.

Pada hari itu masyarakat menyaksikan parade, menikmati panggung-panggung musik, mengenakan pakaian kebanggaan mereka, berpiknik keluarga di taman-taman kota, bermain di arena bermain yang disediakan di lapangan-lapangan hingga makan bersama di restoran-restoran tengah kota.

Intinya pada hari itu mereka bergembira. Padahal sejatinya Anzac Day merupakan hari peringatan kekalahan pasukan tentara Australia-Selandia Baru atas Turki pada Perang Dunia I tahun 1915. Meski beberapa literatur menyebut Anzac Day merupakan hari peringatan pendaratan Anzac di Gallipoli, Turki, pada 25 April 1915.

Pendaratan itu menjadi serangan pertama mereka merebut Konstantinopel, Turki yang saat itu menjadi sekutu Jerman. Selama delapan bulan berperang, sekitar 8.000 nyawa tentara Anzac melayang.

Emagazine Solopos

Warga setempat, John Goodlad, pria paruh baya yang saat ini menjadi konsultan bisnis menceritakan Anzac Day bukan sekadar perayaan kekalahan. Lebih dari itu, Anzac Day menjadi titik balik warga Australia menghimpun keberanian, dan bangkit bersama membangun Australia.

John Godlad (Solopos/Rini Yustiningsih)

John Godlad (Solopos/Rini Yustiningsih)

“Dari semangat Anzac Day inilah yang menjadikan kami menjadi Australia sejati, membangun Australia menjadi seperti sekarang ini,” paparnya kepada rombongan Konjen Surabaya.

Kekalahan yang dialami pasukan Anzac tidak membuat Australia terpuruk. Justru menjadi semangat untuk membangun Australia.

Kini Australia menjadi salah satu ekonomi terkuat di dunia. Pertumbuhan ekonomi di negara itu dalam 20 tahun terakhir maju pesat, rata-rata 3,3% setiap tahunnya, dengan tingkat pengangguran yang terus merosot di bawah 5% setiap tahun serta nilai produk domestik kotor (GDP) Australia pada 2023 sekitar US$1,7 triliun.

Martin Landauer, petugas Kemenlu Australia yang mendampingi rombongan menceritakan, peringatan Anzac Day  diawali sejak pukul 05.30 pagi dengan upacara, bernyanyi, berdoa di tugu-tugu peringatan. Di Australia Barat salah satunya dilalukan di State War Memorial di kawasan Kings Park.

Hari itu, tugu memorial itu dipenuhi karangan bunga termasuk tugu-tugu lainnya. Karangan bunga tersebut berasal dari berbagai warga.

Interaktif Solopos

Setelah itu, warga menikmati sajian parade yang berlangsung sekitar dua jam. Setelahnya mereka mencari hiburan.

Restoran Indonesia Panen

Monumen di Kings Park, Perth dipenuhi karangan bunga saat Anzac Day. (Solopos/Rini Yustiningsih)

Monumen di Kings Park, Perth dipenuhi karangan bunga saat Anzac Day. (Solopos/Rini Yustiningsih)

Salah satu jujugan yang diminati warga yakni pelataran kantor pemerintahan di sudut jalan St George Terrace.

Cuaca berangin dengan suhu sekitar 18-21 derajat celcius bagi mereka bukan masalah, namun tidak bagi rombongan Indonesia yang terbiasa dengan suhu 35 derajat celcius. Lima jurnalis dari Jatim dan Jateng ini menggunakan jaket, meski siang terik.

Pelataran kantor pemerintahan dipenuhi dengan replika bunga poppy, bunga berwarna merah yang menjadi simbol perjuangan Anzac.

Konon ceritanya, di tanah medan pertempuran tumbuh bunga poppy ketika jasad tentara Anzac dipindahkan.



Bagi warga Indonesia yang tinggal di Australia, Anzac Day menjadi momen pas untuk berkumpul dengan teman-teman sesama Indonesia. Di pusat-pusat keramaian di Perth, sangat mudah ditemui warga Indonesia bersama keluarga maupun teman-temannya menikmati hari libur tersebut berbaur dengan warga Australia dan para veteran dengan seragam kebesarannya.

Demikian halnya dengan restoran yang menyajikan masakan Indonesia, Tempayan Resto. Pemilik restoran itu salah satunya bernama Vivi warga Kudus yang sudah lima tahun mengelola resto tersebut bersama kedua temannya.

Saat Anzac Day, Tempayan Resto di Perth tidak hanya diramaikan orang Indonesia. (Solopos/Rini Yustiningsih)

Saat Anzac Day, Tempayan Resto di Perth tidak hanya diramaikan orang Indonesia. (Solopos/Rini Yustiningsih)

Hari itu Vivi dan dua temannya yang juga warga Indonesia memberi pelukan hangat kepada seorang veteran yang sudah menjadi langganan resto itu. “Happy Anzac Day, wow! You look handsome today,” seru Vivi.

Hari itu, restoran mereka menaikkan harga sekitar 15%. Alasannya, karena hari libur jumlah pengunjung meningkat pesat. “Sebagian besar pelanggan kami malah orang Australia. Hari libur harga kami justru naik,” katanya.

Hari itu, Tempayan Resto tidak hanya dijejali warga Australia namun juga warga Indonesia yang tengah bekerja maupun belajar di negeri Kanguru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Kunjungi PW Muhammadiyah Jateng, Dico Bantah Minta Dukungan Pilgub Jateng

Kunjungi PW Muhammadiyah Jateng, Dico Bantah Minta Dukungan Pilgub Jateng
author
Imam Yuda Saputra Selasa, 14 Mei 2024 - 01:11 WIB
share
SOLOPOS.COM - Bupati Kendal, Dico M. Ganinduto, saat berkunjung ke Kantor PW Muhammadiyah Jateng, Senin (14/5/2024). (Solopos.com-Adhik Kurniawan)

Solopos.com, SEMARANG — Bupati Kendal, Dico M. Ganinduto, berkunjung ke Kantor Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah Jawa Tengah (Jateng) di Kota Semarang, Senin (13/5/2024) malam. Meski demikian, Dico membantah jika kedatangannya untuk mencari dukungan sebagai calon gubernur dalam Pilgub Jateng 2024.

“Saya sekarang menebus janji saya dengan PW Muhammadiyah Jateng karena banyak sekali melakukan sinergitas dengan Pemda [Pemkab] Kendal,” kata Dico seusai pertemuan, Senin malam.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Dico juga membantah jika kunjungannya ke Kantor PW Muhammadiyah Jateng itu dalam rangka mencari dukungan maju dalam Pilgub Jateng 2024. Ia berdalih kunjungannya tersebut hanya sebatas menjalin tali silaturahmi.

“Jadi tidak ada kaitannya dengan dukung mendukung, karena pendaftaran [Pilgub Jateng] masih bulan Agustus,” akunya.

Koran Solopos

Dalam kesempatan itu, Dico juga enggan menanggapi fotonya bersama artis Raffi Ahmad yang viral di media sosial. Dalam foto itu, Dico berpose bersama dengan Raffi Ahmad bak pasangan calon (paslon) yang akan maju dalam kontestasi pilkada.

Saat ditanya awak media terkait fotonya bersama Raffi Ahmad, suami artis Chacha Frederica itu hanya tersenyum sambal meminta restu.

“Minta doanya [berpasangan dengan Raffi Ahmad],” ujarnya.

Emagazine Solopos

Sementara itu, Ketua PW Muhammadiyah Jateng, Tafsir, menyebut Dico sebagai sosok kepala daerah yang baik. Tafsir juga memuji berbagai prestasi yang ditorehkan Dico untuk kemajuan Kabupaten Kendal.

“Sebagai Bupati Kendal sudah sangat terbukti, baik sifatnya policy maupun konkret. Itu akan terwujud jika naik di tingkat provinsi,” ujarnya.

Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories