SOLOPOS.COM - Ilustrasi super blue moon. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Pada Agustus 2023 ini ada dua Supermoon terjadi, salah satunya adalah Super Blue Moon fenomena alam yang langka sehingga layak dinanti. Simak ulasannya di info teknologi kali ini.

Bulan purnama pertama bulan itu akan berlangsung pada hari Selasa, 1 Agustus 2023, dengan Bulan purnama berikutnya pada tanggal 30 Agustus. Keduanya akan berada dalam jarak 360.000 kilometer dari Bumi, artinya keduanya akan tampak lebih besar dan lebih terang dari biasanya.

Promosi Sejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

Sepasang Super Moon langka pada Agustus 2023 ini akan berujung pada Blue Moon yang tidak akan terjadi lagi hingga tahun 2030-an.  Bulan super biru ini akan terjadi pada Agustus 2032 mendatang, sehingga 30/31 Agustus 2023 menjadikannya kesempatan terakhir untuk menyaksikan fenomena ini tahun ini.

Dikutip dari independent.co.uk pada Selasa (1/8/2023), meski mengusung nama Super Blue Moon, Bulan purnama kedua pada Bulan Agustus 2023 ini tidak akan benar-benar berwarna biru, dengan namanya hanya mengacu pada bulan purnama kedua dalam satu bulan kalender. Bulan purnama terjadi setiap 29 hari, yang berarti kadang-kadang satu bulan akan menampilkan dua.

Bulan yang berwarna biru diketahui terjadi ketika ada gangguan besar pada atmosfer bumi, seperti mengikuti gunung berapi. Menurut NASA, bulan biru  terjadi setelah letusan gunung berapi Krakatau di Indonesia pada tahun 1883.

“Kunci untuk bulan biru adalah memiliki banyak partikel di udara yang sedikit lebih lebar dari panjang gelombang cahaya merah (0,7 mikron) – dan tidak ada ukuran lain,” kata badan antariksa AS itu dalam unggahan di blog.

“Ini jarang terjadi, tetapi gunung berapi terkadang memuntahkan awan seperti kebakaran hutan.”

Ada beberapa kebakaran hutan besar pada tahun 2023, termasuk kebakaran besar di Kanada dan Mediterania.  “Jika salah satu dari api itu menghasilkan abu atau asap berminyak yang mengandung banyak partikel 1 mikron, Blue Moon di sana bisa berwarna biru,” tulis NASA.

“Kemungkinan besar, itu akan menjadi merah. Memang, Bulan Biru [berwarna] merah jauh lebih umum daripada Bulan Biru [berwarna] biru,” tegas NASA.

Lalu kapan super blue moon bakal terjadi pada Agustus 2023 ini?  Dikutip dari usatoday.com pada Selasa (1/8/2023), pada 30-31 Agustus, bulan purnama berwarna biru akan muncul dan mencapai iluminasi puncaknya pada pukul 21:36. EDT.

Sebenarnya, bulan biru itu unik karena merupakan bulan purnama kelima dalam satu musim, atau bulan “ekstra”. Biasanya, ini terjadi hanya setiap dua setengah tahun  tahun. Bulan purnama kedua dalam satu bulan juga dikenal sebagai “bulan biru” sejak tahun 1940-an. Biasanya, ini juga hanya terjadi setiap dua setengah tahun sekali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya